Pengenalan Beasiswa Fair And Lovely S1 Untuk Lulusan SMA/MA/SMK di PTN

Bagi  yang masih awam dengan Beasiswa Fair and Lovely, semoga penjelasan ini dapat membantu sebelum memutuskan untuk mendaftar. Program Beasiswa Bintang Fair & Lovely  adalah beasiswa sarjana yang diperuntukkan bagi siswa Kelas 12 atau lulusan SMA/MA/SMK dan siswa sederajat di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan  jenjang sarjana di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Nasional. Beasiswa ini spesial karena hanya untuk wanita. Jadi, jika Anda seorang siswa SMA/SMK, lulusan atau siswa kelas 12, jangan lewatkan kesempatan ini.

Beasiswa Fair & Lovely Bintang memberikan bantuan biaya pendidikan  kepada penerima beasiswa, yang dibayarkan setiap awal semester gasal selama empat tahun untuk memenuhi kebutuhan akademik dan mahasiswa. Selain dukungan  pendidikan, mahasiswa penerima beasiswa mendapat dukungan berupa dukungan (enhancement) selama masa studi empat tahun setiap tahunnya. Materi pendampingan telah disesuaikan dengan kurikulum Yayasan Hoshizora.

Penawaran Beasiswa Fair and Lovely Star 2020 didukung oleh Hoshizora Foundation bersama dengan Fair & Lovely. The Hoshizora Foundation sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Yogyakarta yang didedikasikan untuk pendidikan.

Tahun ini,  60 kandidat akan dipilih sebagai Beasiswa Bintang yang adil dan indah. Target audiens adalah perempuan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang memenuhi kriteria penerimaan PTN akreditasi A atau B 2020, berkontribusi pada masyarakat, sukses, dan bermotivasi tinggi tetapi terkendala finansial.

Ketentuan:

1. Siswa atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat kelas 12 atau lulusan  yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi  PTN 2020

2. Siswa:

a. Daerah Istimewa Yogyakarta

b. Jawa Tengah

c. Jawa Timur dan Madura

d. Jawa Barat

e. Banten

f. Sumatera Utara

g. Sumatera Barat

h. Jam Sumatera Selatan

i. Kalimantan Barat

j. Kalimantan Timur

k. Sulawesi Selatan

3. Pendaftaran Siswa:

a. SNMPTN

b. SBMPTN

c. SPMB PTAIN

d. Seleksi mandiri dilakukan oleh masing-masing PTN untuk mahasiswa dengan pengumuman paling lambat Juli 2020

4. Salinan atau pindaian transkrip, salinan sertifikat prestasi kompetitif (jika ada) atau ijazah dan, untuk lulusan sekolah, potensi akademik  yang diverifikasi SHUN.

5.  PTN yang diinginkan memiliki rencana pembelajaran dan ide untuk berkontribusi kepada masyarakat.  6. Keinginan untuk menyelesaikan studi Anda di universitas pilihan Anda.

Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Fair and Lovely:

1. Sejak Januari 2020, sosialisasi online telah dilakukan  di seluruh Indonesia. Calon peserta mendaftar melalui mekanisme pendaftaran sederhana di website www.classberbagiharga.com paling lambat 31 Maret 2020.

2. Setelah mendaftar melalui proses pendaftaran yang sederhana, peserta akan menerima email berisi langkah-langkah mendaftar dan mengunggah dokumen yang harus mereka tampilkan di Beasiswa Fair and Lovely Bintang yang dikelola oleh Hoshizora Foundation.

3. Pada bulan Januari, saya bekerja langsung dengan sekolah sebagai bagian dari program Adik Bintang Fair dan beasiswa Lovely Bintang. Paket 1,  2, dan 3. Program Beasiswa Bintang Indah Pada tahap ini, Adik Bintang  mengunjungi setiap sekolah  untuk memberikan informasi tentang tahap seleksi.

4. Tim Hoshizora Foundation akan menyeleksi berkas pendaftar dan mengumumkan hasil seleksi berkas pada bulan April 2020.

5. Calon peserta yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan ke tahap seleksi wawancara selama bulan Mei Juni 2020 di kota masingmasing. Wawancara diselenggarakan oleh tim Hoshizora Foundation.

6. Jika karena alasan tertentu proses wawancara tidak dapat dilakukan secara langsung, tim Yayasan Hoshizora  dapat menggunakan cara lain seperti telepon dan panggilan video.

7. Peserta yang terpilih untuk wawancara akan menjalani tahap home visit  di kota masing-masing mulai Mei hingga Juni 2020.

8. Peserta yang tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam TCP dengan rute apa pun akan secara otomatis didiskualifikasi.

9. Pada awal Juli 2020, ada presentasi final dari peserta Beasiswa Fair & Lovely Bintang, dan upacara pengukuhan dilakukan  pada awal Agustus 2020.

10. Pengumuman resmi  seleksi Beasiswa Bintang yang adil dan indah dilakukan melalui Bintangbeasiswa@classberbagi Kemerdekaan.com

Pilih File:

1. Calon peserta melalui pendaftaran sederhana di www.classberbagiharga.com. Setelah mengisi formulir pendaftaran sederhana, setiap peserta akan menerima email tentang langkah selanjutnya, seperti mengisi file.

2. Persyaratan yang harus dipenuhi seluruh berkas :

a. Alamat email yang diverifikasi. Pastikan alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar valid. Dan setiap pengguna terdaftar hanya dapat menggunakan satu akun.

b. Kontak pribadi untuk dihubungi. Masukkan nomor ponsel tetap dan kontak Anda dan siapkan  nomor WhatsApp Anda jika ada.

c. Pindai file yang diperlukan. File yang  diunggah dalam format “gambar” dan berukuran maksimal 1 MB. Semua file dimuat menggunakan file terbaru.

Scan File :

1) Pas Foto 3×4 Terbaru

2) Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Slip Gaji  atau  Surat Keterangan Pemerintah Kelurahan atau  Desa dari instansi tempat anda bekerja

3) Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP); Bukti Kepesertaan Indonesia (PIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau yang setara. atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan atau Desa (jika ada).

4) Kartu Keluarga (KK) atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga.

5) Rekening listrik terbaru (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Walinya.

d. Menyiapkan datadata yang diperlukan sebagai berikut:

1) Nilai Rapor dari Semester 1 sampai Semester 5,

2) Piagam prestasi baik Akademik maupun NonAkademik dan juga Kegiatan Kepanitiaan yang sedang/pernah diikuti selama 3 tahun terakhir, (jika ada)

3) Menuliskan penghasilan orang tua yang akan sahih jika dilengkapi dengan surat keterangan penghasilan Orang Tua yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Instansi tempat Orang Tua bekerja/tokoh masyarakat (RT, RW, Kelurahan, atau Kecamatan)

3. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran online.

4. Calon Peserta dengan mengisi formulir pendaftaran online:

a. Pernyataan bahwa data yang disampaikan adalah akurat. Kami siap bertanggung jawab atas kesalahan di masa depan.

b. zinkan Hoshizora Foundation dan Unilever untuk menggunakan data yang  diunggah.  5. Setiap peserta yang dinyatakan lulus  setiap tahapan seleksi akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS/Email/WhatsApp dari Hoshizora Foundation. Mereka yang tidak menerima konfirmasi akan dianggap tidak memenuhi syarat. Lihat

Seleksi Wawancara dan Kunjungan Rumah:

 wawancara:

 1. Calon Rekan yang telah lulus penyaringan dokumen harus datang ke ruang wawancara pada waktu yang telah ditentukan.

2. Calon siswa penerima beasiswa harus menyerahkan dokumen identitas  dan  bukti pendaftaran di universitas kota penunjukan (surat penerimaan) jika diserahkan.

3. Peserta mendapatkan salinan file yang  diunggah sebelumnya (masing-masing 1).

4. Wawancara dengan calon rekan akan dilakukan oleh tim Yayasan Hoshizora sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

5. Jika ada kendala teknis, wawancara dapat dilakukan melalui telepon, video, atau cara lain.

Kunjungan rumah

1. Mahasiswa penerima beasiswa pendahuluan yang diseleksi melalui wawancara akan melalui tahap seleksi melalui kunjungan rumah.

2. Kunjungan rumah dilakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan untuk menjamin objektivitas dalam proses seleksi.

3. Jika Anda memiliki masalah teknis mengunjungi rumah calon peserta, mekanisme lain yang dapat Anda gunakan adalah mengirim foto dan/atau video.

4. Orang tua atau wali dari kantor pendaftaran juga berpartisipasi dalam pelaksanaan kunjungan rumah.

Yuk kita tunggu beasiswa fair and lovely berikutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.