Transfer RTGS, Real Time dan Transfer SKN Adalah

Dewasa ini, pengiriman uang sangat mudah tidak perlu lagi menggunakan pos karena bank telah memberikan alternatif yang luar biasa mudah yaitu sistem transfer. Namun, tau kah anda bahwa bank memiliki 3 jenis tranfer bank?

Pertama, Sistem Kliring Nasional (SKN)

Kedua, Real Time Gross Settlement (RTGS)

Ketiga, Real Time

Berikut penjelasannya secara lengkap…

Apa itu Transfer SKN? Transfer SKN Adalah …

Okay, salah satu jenis transfer bank itu adalah Transfer SKN. Dimana transfer SKN adalah metode transfer bank yang dapat dikatakn paling lama dibandingkan yang lain, yang mana pihak bank pengirim harus mengirimkan uang dulu ke BI atau Bank Indonesia, selanjutnya pihak BI mengirim uang tersebut ke rekening penerima. Panjang bukan prosesnya… Ini lah yang mengakibatkan proses transfer SKN adalah yang paling lama dibandingkan yang lainnya.

Walaupun begitu, biaya admin untuk transfer SKN adalah yang lebih murah, yaitu sekitar Rp5000 dengan jam kerja pukul 15.00 WIB dan dapat melayani sekitar 8 kali transaksi.

Jadi, sistem transfer SKN adalah sistem transfer dana elektronik yang mengcover kliring berupa debit maupun kredit yang mana penyelesaian setiap transaksinya dilakukan secara nasional.

Nama lain dari dari transfer SKN adalah transfer Lalu Lintas Giro (LLG), yang umumnya memakan waktu hingga 2 – 3 hari dengan nominal pengiriman paling tinggi sejumlah Rp100.000.000

2 Jenis Penyelenggara SKN

Penyelenggaran sistem transfer SKN adalah Nasional dan Lokal. Perbedaannya berada pada ruang lingkupnya, Penyelenggara Kliring Nasional (PKN) bertanggungjawab atas pengelolaan dan penyelengaraan SKN secara nasional sedangkan Penyelenggaran Kliring Lokal (PKL) bertanggungjawab atas pengelolaan dan penyelenggaraan SKN disuatu wilayah kliring lokal.

Dan perlu menjadi catatan bahwa PKL dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan penyelenggaranya yaitu PKL BI yang merupakan PKL yang diselenggarakan oleh BI dan bagian kliring Jakarta yang berada di kantor BI. Sedangkan yang kedua adalah PKL selain BI yang diselenggarakan oleh kantor yang disetujui oleh BI untuk melaksanakan SKN di daerah terakait.

Transfer SKN Yang Dilayani Bank

a. Kliring Kredit, ini dilakukan oleh Penyelenggara Kliring Nasional dalam lingkup nasonal. Transaksi yang boleh dikliringkan berupa transfer kredit dari peserta di suatu wilayah kliring ke peserta lainnya di seluruh Indonesia.

b. Kliring Debit, transasksi ini dilakukan oleh Penyelenggara Kliring Lokal (PKL) sesuai wilayah masing-masing. Transaksi yang dapat dikliringkan berupa transfer debet yang bersumber dari warkat debit berupa cek dan bilyet giro.

Transfer Real Time Gross Settlement (RTGS)

Ini jenis transfer yang lebih cepat daripada SKN, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam, bahkan dimungkinkan lebih cepat tergantung pada jam berapa anda melakukan transfer

Mengapa lebih cepat? karena proses pengecekan yang dilakukan oleh bank tidak memakan waktu berhari-hari.

Contoh, apabila anda transfer pada jam 15.30 atau dalam artian saat bank hampir tutup, maka uang yang kamu transfer akan diterima oleh orang yang kamu tujua di esok harinya. Tapi apabila kamu transfer saat jam operasional, maka uang sampai pada waktu yang sama.

Berbeda pula apabila RTGS dilakukan pada penghujung bulan baik tanggal 30 atau 31, maka transfer anda sampai di rekening tujuan jarak 1 hari dari waktu transfer. Hal ini disebabkan karena Bank perlu melakukan tutup buku bulanan.

Walaupun biaya administasi metode ini lebih besar, sekitar Rp25.000 hingga Rp50.000 tapi metode ini tetap lebih aman jika kamu melakukan transaksi bisnis dengan nominal besar. Rp100.000.000 adalah batas minimum transfer dalam metode RTGS.

Transfer Real Time Online (RTO)

Uang yang dikirim akan diterima di waktu yang sama ketika transfer dilakukan. RTO umumnya dilakukan dengan memanfaat ATM, sedangkan SKN dan RTGS pelaksanaannya dengan memanfaatkan jasa teller bank.

Selain itu, RTO juga dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang, internet banking, maupun mobile banking.

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah RTO memiliki batasan transfer maksimal yaitu Rp25.000.000 per hari dengan biaya admin sekitar Rp6.500 – Rp7.500 tegantung bank yang terkait.

Itulah beberapa pembahasan mengenai metode transfer. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.