Tipe Tipe Kabel LAN

Apabila mau beli kabel LAN, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah memilih berbagai Tipe kabel LAN.

Penting untuk memahami berbagai aspek kabel LAN sebelum mempertimbangkan dan memilih dukungan jaringan komputer.

Kabel LAN adalah singkatan dari Local Area Network. Dalam arti, kabel LAN adalah jenis kabel yang biasa digunakan untuk membangun jaringan komputer. Namun, jaringan komputer hanya lokal.

Namun, memilih jenis kabel LAN yang berbeda pasti akan mempengaruhi ketahanan dan kualitas sinyal jaringan. Pemilihan kabel LAN yang tepat akan memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak terhubung dengan benar melalui LAN antar komputer.

Di sisi lain, jika kabel LAN tidak sesuai, penggunaan dan kualitas jaringan juga tidak optimal. Lantas, apa sebenarnya jenis dan fungsi kabel LAN?

Tipe Kabel LAN

Kabel UTP/twisted pair

Tipe kabel LAN yang pertama adalah kabel unshielded twisted pair (UTP). Kabel LAN ini sering disebut sebagai kabel twisted pair. Seperti namanya, kabel ini memiliki sifat fisik dari beberapa kabel dasar bengkok dan bengkok. Kabel ini merupakan kabel LAN yang paling banyak digunakan untuk mendukung jaringan area lokal.

Kabel koaksial

Selain kabel UTP, tipe kabel LAN yang kedua adalah kabel koaksial. Tidak seperti UTP, kabel koaksial sebenarnya terbuat dari kawat tembaga. Pada bagian luar kawat tembaga terdapat pelindung berupa isolator yang merupakan penghantar pada bahan PVC. Secara fisik, kabel koaksial biasanya hampir sama dengan antena.

Kabel Serat Optik

Tipe kabel LAN ketiga adalah serat optik. Biasanya, jenis kabel serat optik ini terdiri dari beberapa bundel kabel serat optik. Kabel yang terbuat dari serat , ringan dan fleksibel tampilannya. Secara umum, kabel ini dapat membawa lebih banyak data.

Berbagai jenis fungsi kabel LAN

Kabel UTP/twisted pair

Biasanya, kabel ini khusus digunakan untuk pengurangan kebisingan. Oleh karena itu, jenis kabel ini paling banyak digunakan untuk membuat jaringan area lokal. Ada beberapa jenis kabel twisted pair seperti kabel UTP, FTP, dan STP. Ketiganya memiliki karakteristik yang mirip satu sama lain.

Kabel koaksial

Tidak seperti twisted pair, kabel jenis ini sering digunakan pada jaringan komputer klasik. Pada umumnya kabel koaksial lebih banyak digunakan pada jaringan bus atau ring. Namun, sekarang digantikan oleh kabel twisted pair. Oleh karena itu, saat ini kabel jenis ini semakin banyak ditemukan di berbagai tempat.

Kabel Serat Optik

Seperti halnya kabel twisted pair dan coaxial, kabel serat optik umumnya lebih banyak digunakan pada backbone milik perusahaan. Karena bentuk fisiknya yang ringan dan fleksibel, kabel jenis ini semakin populer digunakan di berbagai jaringan Internet.

Keunggulan dan Kelemahan Tiap Tipe Kabel LAN

Sebelum memilih jenis kabel LAN, penting juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis kabel LAN tersebut.

Berbagai kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain:

Kabel UTP/twisted pair

Keuntungan: Kabel twisted pair umumnya lebih murah daripada kabel jaringan lainnya. Kabel UTP lebih mudah dipasang.

Kekurangan: Frekuensi yang lebih tinggi dari kabel cenderung meningkatkan tegangan. Pada frekuensi tinggi, kabel UTP cenderung mengalami debalance dan tidak mampu mengkompensasi gangguan noise. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel UTP cenderung lebih mahal.

kabel koaksial

Keunggulan : Kabel coaxial jenis ini akurat dan aman digunakan karena terbuat dari bahan isolasi yang tebal. Ini adalah sejenis isolator yang digunakan dalam kabel koaksial, dan lapisannya cukup tebal untuk merespons frekuensi tinggi.

Kekurangan: Kabel koaksial memiliki kemampuan transfer data yang terbatas. Karena bahan insulasi yang tebal, kabel ini tidak fleksibel untuk digunakan di berbagai jaringan instalasi.

Kabel serat optik

Keuntungan: Lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Memiliki kapasitas yang cukup besar. Kabel serat optik digunakan untuk mengirimkan data jarak jauh. Ini memiliki kecepatan yang cepat. Kebugaran cenderung lebih fleksibel. kuat terhadap gelombang radio

Kelemahan: kabel serat optik jauh lebih mahal.

Bagaimana memilih berbagai jenis kabel LAN

1. Perhatikan persyaratan jaringan

Cara pertama untuk memilih tipe kabel LAN yang berbeda adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di masa lalu. Misalnya, dapat didasarkan pada kecepatan koneksi internet lokal Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan kondisi keuangan Anda. Tentu saja, semakin tinggi kualitas kabel LAN, semakin banyak uang yang Anda perlukan.

2. Pertimbangkan jenis router

Saat memilih jenis kabel berikutnya, perhatikan jenis router yang Anda miliki. Ini karena beberapa jenis router berbiaya rendah hanya mendukung transfer data dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, membeli kabel jaringan berkualitas tinggi tidak ada gunanya jika router Anda tidak mendukungnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis router terlebih dahulu.

Itu lah beberapa pembahasan mengenai tipe kabel LAN. Carilah tipe kabel LAN yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.