Public Speaking Dan Tipsnya

Definisi Public Speaking

Agar mudah dimengerti, aku coba jelasin secara sederhana. Public speaking itu berupa kegiatan berbicara di tengah orang banyak dengan tujuan untuk mempengaruhi, menghibur, ataupun sekedar memberikan informasi kepada banyak orang karena itu public speaking harus dilakukan secara terstruktur dan terencana.

Mengapa dilakukan secara terstruktur dan terencana? tentu agar orang lain mudah memahami apa yang kita sampaikan dan tidak terjadi bias paham terhadap apa yang kita sampaikan. Jangan sampai kita menyampaikan buah pisang, yang diterima orang lain adalah buah durian, kan gak tepat..

Karena public speaking juga ada batasan waktu, maka perlu melakukannya secara terencana, sehingga yang kita ingin sampaikan tidak meluas kemana-mana. Mungkin tidak cukup waktu satu hari apabila topic sederhana yang kita bawakan ternyata meluas. Karena itu juga perlu adanya pembatasan materi yang disampaikan.

Yang ingin saya tekankan disini adalah poin utama public speaking, yaitu berbicara dengan baik, terstruktur dan terencana dengan harapan informasi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pendengar.

Tujuan Publik Speaking

Setelah memahami mengenai definisi public speaking di atas, maka kita coba melangkah pada tujuan kegiatan ini yang akan dijelaskan sebagai berikut :

a. Memberikan Motivasi

Apakah kalian pernah mendengar public speaking dari Jack Ma, Robert Kyosaki, atau yang lainnya terkait bisnis? apabila iya, apa yang anda rasakan? semangat yang menggebu-gebu, mental bisnis yang berkobar seperti baru terlahirkan dengan hidup yang berbeda. Apabila iya, berarti anda telah termotivasi.

Begitulah public speaking, dengan ucapan lisan seseorang mampu terpengaruh untuk menjadi bersemangat dan memiliki energi baru untuk terus berkembang.

b. Berbagi Informasi

Ini adalah tujuan paling mendasar dari kegiatan ini,banyak orang yang melakukan public speaking dengan tujuan ini. Baik informasi dalam wjud ilmu pengetahuan, berita, maupun hal penting lainnya.

c. Mempengaruhi Orang Lain

Tujuan ini erat kaitannya dengan proses pemasaran. Dengan publik speaker yang persuasif, berpenampilan meyakinkan tentu sangat mungkin orang lain terbawa dengan apa yang dia katakan. Terbawa disini maksudnya bukan dihipnotis ya,. Maksudnya adalah pendengar tertarik dan terus memperhatikan apa yang disampaikan oleh pembicara.

Tidak kehilangan audience dalam kegiatan ini sangatlah penting. Karena ini akan berpengaruh juga pada kepercayaan diri anda.

d. Mengendalikan Keadaan

Maksudnya gimana ya? supaya mudah, aku langsung kasih contoh aja deh. Tentu kalian pernah melihat acara yang seketika hening, entah karena rundown acara yang tertunda ataupun menunggu tamu.

Kemudian public speaker mengambil microphone dan kemudian mengajak kalian semua berbicara untuk memecah keheningan. Ini lah yang saya maksud sebagai pengendali keadaan. Mudah dipahami? oke kita lanjut..

e. Menghibur Para Pendengar

Pernah gak nonton Stand Up Comedy yang dijuri oleh om Indro dan lainnya? yang peserta stand up comedy lakukan itu adalah bentuk dari publik speaking. Mengapa demikian? karena mereka berbica di hadapan banyak orang.

Walaupun tujuan public speaking yang mereka lakukan adalah menghibur, tidak masalah. Karena salah satu tujuan public speaking adalah menghibur orang lain baik secara disadari maupun tidak disadari. Karena itu mereka juga dituntut untuk melakukan kegiatan ini dengan tepat.

Apa sih Manfaat Menguasai Public Speaking?

Public speaking adalah sebuah soft skill yang penting untuk dikuasai, terlebih apabila anda seorang yang diharuskan selalu berhubungan dengan banyak orang. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :

a. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Seiring dengan seringnya melakukukan komunikasi dengan banyak orang maka kepercayaan diri akan meningkat. Itulah manfaatnya public speaking, walaupun terasa berat diawal karena kegugupan yang tinggi tapi lama-kelamaan akan terbiasa dan akan senang dengan kegiatan ini. Tentu jauh menyenangkan apabila kita lebih percaya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam pekerjaan.

b. Dapat Menjadi Modal Berbisnis

Seseorang dengan kemampuan public speaking yang baik tentu akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan konsumen dalam proses pemasaran. Jauh berbeda dengan orang yang tidak pernah melatih komunikasinya. Dia akan lebih sulit untuk mendapatkan hati para konsumennya.

c. Mengembangkan Skill Leadership

Seorang pemimpin jelas harus bisa melakukan komunikasi yang baik, entah terhadap anggotanya ataupun orang lain. Karena itu apabila pemimpin tersebut memahami public speaking yang baik, maka tentu proses kepemimpinannya menjadi lebih berkualitas.

d. Mudah Mendapatkan Teman

Berhubungan dengan poin pertama, karena rasa kepercayaan diri meningkat tentu kita tidak akan segan untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu dengan orang lain. Karena sifat yang terbuka ini lah kita menjadi mudah mendapatkan teman.

e. Peningkatan Pengetahuan

Pernahkah anda menjadi pembicara di tengah banyak orang, kemudian pada sesi tanya jawab anda mendapatkan pertanyaan yang membuat anda bingung. Kemudian anda berdiskusi. Itulah proses peningkatan pengetahuan yang anda dapatkan, walaupun anda berada pada posisi public speaker.

f. Lebih Mudah Dalam Menyampaikan Ide Dengan Lancar

Hal ini sangat jelas berlaku, karena telah terbiasa mengkomunikasikan ide dan pemikiran di publik, tentu dia akan terbiasa menyampaikan idenya dengan baik dan mudah dipahami oleh orang lain.

Cara Melakukan Public Speaking

a. Persiapan

Public speaking harus dipersiapkan secara matang beberapa waktu sebelumnya. Agar lebih mudah anda dapat menulis point-point penting yang nantinya akan disampaikan, terus berlatih menyampaikan hal tersebut. Dan usahakan saat tampil anda tidak membawa catatan tersebut, apabila anda ingin dilihat sebagai public speaker profesional maka lakukanlah hal ini.

b. Memberikan Kesan Terbaik

Kesan terbaik usahakan anda berikan pada 10 detik pertama, karena inilah yang paling krusial untuk menarik hati audiens anda. Kreativitas yang baik sangat diperluakan dalam hal ini.

c. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Banyak orang yang telah mempersiapkan banyak materi untuk disampaikan namun saat tampil seketika lupa dengan semua itu. Hal ini karena kegugupan yang sangat tinggi, maka coba lah manage gugup tersebut sehingga tidak mempermalukan anda.

Melalui kepercayaan diri, pendengar akan lebih yakin atas apa yang anda sampaikan.

d. Tunjukkan Gestur Yang Sesuai

Gestur tubuh yang sesuai dengan ucapan dan kondisi adalah gestur yang baik. Hal ini sangat diperlukan, seperti halnya saat anda mengucap angka 3, maka jemari anda juga menunjukkan angka 3. Ini jauh akan lebih menarik dan berkesan bagi para pendengar anda.

(Baca Juga : Komunikasi non verbal)

e. Lakukan Secara Berulang

Maksudnya disini adalah terus lah berlatih, karena public speaking bukan softskill yang dilatih semalaman kemudian besoknya menjadi profesional. Perlu proses, walaupun anda mengetahui semua teorinya tetapi anda tidak mengulang-ulang menerapkannya maka akan percuma

Itulah beberapa pengenalan mengenai public speaking dan tips melakukannya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Ingat, practice makes perfect.

Leave a Reply

Your email address will not be published.