Pengenalan Analisis SWOT : Definisi, Cara Kerja, Contoh

Pengenalan Analisis SWOT

Pengenalan analisis SWOT yang pertama adalah SWOT ialah singkatan dari Strengths (Kekuatan) , Weaknesses (kelemahan), Opportunities (kesempatan), dan Threats (ancaman).

Analisa SWOT mengontrol energi, kelemahan, kesempatan, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan lazimnya dikenalkan dalam bilah kisi-kisi yang simpel.

Strengths (energi) dan Weaknesses (kelemahan) berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang bisa Anda kontrol dan bisa berubah. Semisal termasuk siapa yang ada di regu Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities (kesempatan) dan Threats (ancaman) merupakan hal eksternal yang memberi pengaruh bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda bisa memanfaatkan kesempatan dan melindungi dari ancaman, tapi Anda tak bisa mengubahnya. Semisal termasuk pesaing, harga bahan baku, dan popularitas belanja pelanggan.

Teknik ini diciptakan oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menerapkan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Saat Anda mengerjakan analisis SWOT, Anda akan mempelajari taktik yang solid untuk memprioritaskan profesi yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

Anda mungkin berdaya upaya bahwa Anda telah tahu segala yang perlu Anda lakukan untuk sukses, tapi analisis SWOT akan memaksa Anda untuk memperhatikan bisnis yang dimiliki dengan metode baru dan dari arah baru. Anda akan memperhatikan kekuatan dan kelemahan bisnis, dan mengontrol metode bagaimana Anda bisa memanfaatkannya kesempatan dan ancaman yang ada di pasar Anda.

Siapa yang sepatutnya melaksanakan analisis SWOT?

Supaya analisis SWOT tepat sasaran, pendiri dan pemimpin perusahaan perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang dapat didelegasikan terhadap orang lain.

Namun, peimimpin perusahaan juga tak boleh melaksanakan profesi sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang mempunyai perspektif berbeda perihal perusahaan. Pilih orang yang bisa mewakili beragam aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan sampai pemasaran dan pengembangan produk. Tiap-tiap orang wajib mempunyai komponen dalam hal ini.

Perusahaan yang inovatif pun memperhatikan di luar jajaran internal mereka sendiri saat mereka melaksanakan analisis SWOT dan menerima usul dari pelanggan untuk menambahkan bunyi unik mereka ke dalam pertimbangan keputusan bisnis.

Kalau Anda mengawali atau melaksanakan bisnis sendiri, Anda masih bisa melaksanakan analisis SWOT. Ambil sudut pandang tambahan dari sahabat yang tahu sedikit seputar bisnis Anda, akuntan Anda, atau malahan vendor dan pelanggan. Kuncinya ialah mempunyai sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang menerapkan analisis SWOT untuk mengukur kondisi mereka sejauh ini dan menetapkan taktik untuk bergerak maju. Tapi ingatlah bahwa semua sesuatunya terus berubah dan Anda perlu mengevaluasi kembali taktik Anda, diawali dengan analisa SWOT baru tiap enam sampai 12 bulan.

Bagi pemula, analitik SWOT yakni komponen dari pengerjaan perencanaan bisnis. Ini akan menolong membentuk taktik supaya Anda mengawali dengan langkah yang benar dan mengenal arah yang akan Anda tuju.

Melaksanakan Analisa SWOT dengan Benar

Seperti yang kami bahas diatas, Anda patut mengumpulkan regu untuk melaksanakan analisis SWOT. Anda tak perlu melaksanakan analitik sepanjang hari, satu atau dua jam telah cukup.

Kumpulkan orang-orang dari bermacam-macam dari komponen perusahaan Anda dan pastikan Anda mempunyai perwakilan dari tiap-tiap komponen. Anda akan menemukan bahwa beragam klasifikasi dalam perusahaan Anda mempunyai perspektif yang sama sekali berbeda. Dan point ini amat penting untuk analisa SWOT Anda menjadi sukses.

Mengerjakan analisa SWOT mirip dengan pertemuan mendengarkan anggapan, untuk mengenal metode yang benar dan salah dalam melakukan suatu hal. Dianjurkan untuk meminta tiap-tiap orang mencatat dan meminta tiap-tiap orang membisu menjadikan inspirasi untuk mengawali sesuatu. Hal ini untuk mencegah groupthink dan menentukan bahwa segala bunyi didengar.

Sesudah melaksanakan brainstorming selama lima sampai 10 menit, letakkan segala catatan dan tempel di dinding jangan lupa untuk mengkategorikan pandangan baru yang serupa. Izinkan siapa saja menambahkan catatan tambahan pada spot ini, sekiranya inspirasi orang lain memicu pemikiran baru.

Sesudah segala inspirasi diorganisasikan, kini saatnya untuk menetapkan peringkat inspirasi. Pakai metodepemungutan suara di mana tiap orang mendapatkan lima atau sepuluh “suara” yang bisa mereka bagikan dengan metode apa bahkan yang mereka sukai. Membikin catatan dalam beragam warna bermanfaat untuk latihan ini.

Menurut latihan pemungutan suara, Anda seharusnya mempunyai daftar gagasan yang bisa diprioritaskan. Tentu saja, daftar itu sebagai bahan untuk pembicaraan dan debat, dan seseorang di ruangan itu seharusnya bisa membikin keputusan terakhir pada prioritas. Ini lazimnya CEO, tapi dapat didelegasikan terhadap orang lain yang bertanggung jawab atas taktik bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.