Peluang Banget, 6 Usaha Modal Kecil Yang Harus Kamu Ketahui

Dewasa ini, banyak usaha modal kecil yang memiliki potensi keuntungan yang besar. Terkadang orang hanya terfokus kepada usaha-usaha dengan modal puluhan juta, sehingga takut untuk memulai berwirausaha.

“Oh, modalnya kemahalan, belum tentu juga untung” itu lah yang banyak orang katakan, kalo begitu mengapa tidak mencoba usaha dengan modal kecil. Siapa tau, rezeki mu ada disana.. yuk coba kita bahas 8 usaha modal kecil yang menarik untuk dicoba.

Usaha Modal Kecil

A. Membuka Bisnis Online

Usaha modal kecil yang pertama adalah bisnis online. Bisnis ini sangat cocok untuk anak muda dan orang dewasa. Dengan keunggulan dapat mencakup wilayah mana saja serta dapat dilaksanakan dimana saja, ini juga cocok dilakukan bagi para mahasiswa. Tapi walaupun begitu, tetap ada sih beberapa kelemahan. Salah satunya, pesaingnya cukup banyak, karena bisnis ini mudah dilakukan. Namun, anda bisa mengatasinya dengan penambahan nilai berbeda pada produk anda.

B. Bisnis Waralaba

Bisnis ini telah merambah banyak wilayah di Indonesia, dengan berbagai macam brand menarik baik produk makanan maupun minuman. Selain itu ada juga waralaba bidang pengiriman barang. Bisnis waralaba ini sebenarnya beraneka ragam jumlah modalnya mulai dari rendah hingga tinggi. Tapi karena kita disini membahas bisnis modal kecil, mari kita ambil contoh bisnis waralaba dengan modal kecil

Contohnya adalah bermitra dengan JNE, dengan modal sekitar 5,5 juta untuk perjanjian dan promosi serta 10 juta sebagai dana jaminan. Maka anda dapat menjalankan bisnis ini. Termasuk usaha modal kecil kan..yuk cus cobain.

Bisnis ini sebenarnya sederhana, karena kita tidak perlu berpikir tentang ide bisnis lagi. Karena ide itu telah ada. Mungkin, kita hanya perlu memikirkan apakah produk yang akan kita jual memiliki peminat yang banyak di daerah kita. Mungkin disinilah kita perlu melakukan analisis sebelum bermitra dengan bisnis-bisnis yang menyediakan waralaba.

C. Kursus Online

Usaha modal kecil yang berikutnya adalah kursus online. Bagi anda yang cinta terhadap dunia pendidikan, mungkin usaha ini tepat untuk anda. Disamping anda menjalani hobi anda, ada orang lain yang merasa terbantu dengan kegiatan yang anda lakukan. Terlebih seperti saat ini, era pandemi covid 19 mengakibatkan jenis usaha online semakin menjanjikan.

Agar lebih mudah dan memiliki jangkauan yang luas, anda dapat melakukannya dengan membuat sebuah grup pengajar. Cara ini akan lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan banyak murid. Saya pikir, ini adalah salah satu usaha yang mulia karena membantu mencerdaskan orang lain.

D. Pembuatan Website

Bisnis menarik berikutnya adalah pembuatan website. Mengapa saya mengatakannya menarik? karena anda hanya perlu bekerja di rumah tapi menghasilkan uang. Mungkin bagi anda yang introvert dan memiliki kemampuan dibidang web developer bisnis ini adalah pekerjaan yang berjodoh dengan anda.

Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang begitu besar, namun keuntungannya tetap menjanjikan tergantung dengan project website apa yang anda kerjakan. Apabila perusahaan besar yang memakai jasa anda, sudah jelas auto cuan…

Tapi kelemahan dari bisnis ini mungkin adalah harus memiliki skill khusus, karena ilmu membuat website bukan ilmu yang dipelajari satu malam jadi dan kemudian besoknya menghasilkan uang… Tapi gak masalah, selagi ada kemauan pasti ada jalan.

E. Dropshipper

Usaha modal kecil Ini bisa dibilang usaha yang gak mau repot, mengapa demikian? karena dengan menjadi dropshipper kita tidak perlu memikirkan produk, pengemasan produk, tidak ada kata rugi apabila produk tidak terjual, bahkan bisa bekerja sama dengan banyak supplier sekaligus.

Menjadi dropshipper berarti anda telah menjadi peranta antara pembeli dan penyedia barang. Namun, dalam hal ini anda tidak berhak menentukan harga karena pengiriman barang adalah tanggung jawab dari pemilik barang.

Keuntungan dropshipper berasal dari ketentuan pemilik toko terhadap harga barang. Tapi walaupun gitu, dengan kelebihan yang dimiliki oleh bisnis ini, dropshipper masih menarik untuk dilaksanakan.

F. Reseller

usaha modal kecil yang terakhir pada pembahasan kalin ini adalah reseller, ini sedikit berbeda dengan bisnis dropshipper di atas. Mengapa demikian? apabila dropshipper tidak dapat menentukan harga terhadap suatu produk, reseller mampu melakukannya. Karena reseller akan membeli produk dari pihak lain kemudian menjualnya dengan harga yang mereka tentukan.

So, keuntungannya bisa lebih besar dari dropshipper? ya jelas, tapi anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli produk dari pihak lain.

Beberapa keuntungan dari reseller ini berupa kalian dapat menentukan harga jual sendiri, memahami produk yang dijual karena produk sudah di tangan kalian bukannya cuma jual gambar, dan anda bisa mengelola keuangan anda secara mandiri seperti membuat laporan laba rugi untuk diri anda sendiri dan anda bisa membuat laporan keuangan anda dengan lebih mudah apabila menggunakan aplikasi laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.