Mengenal Karakter Pemimpin Dalam Dunia Bisnis

Sebelum membahas mengenai karakter pemimpin, kita akan coba membahas mengenai perbedaan pemimpin dan kepemimpinan terlebih dahulu. Karena tidak jarang ada kekeliruan dalam memaknakan dua kata ini.

Pemimpin adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengarhkan atau memimpin orang-orang di bawahnya untuk bergerak sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Kata “pemimpin” berbeda dengan “kepemimpinan”. Apabila “pemimpin” mengacu kepada orang yang memimpin, maka “kepemimpinan” ini lebih mengacu kepada cara seorang pemimpin dalam memimpin bawahannya atau rekan kerjanya.

Setiap orang pasti akan menjadi pemimpin minimal menjadi pemimpin dalam keluarga atau pemimpin dirinya sendiri. Itu sudah menjadi tanggung jawab yang cukup besar, terlebih di keluarga terdapat banyak orang yang memiliki pemikiran berbeda-beda.

Apalagi apabila kita menjadi pemimpin dalam suatu bisnis, maka tentu akan jauh lebih sulit. Karena setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda-beda terhadap suatu keadaan bisnis. Maka karakter pemimpin harus ditunjukan disini untuk menyatukan mereka dan tetap melangkah bersama kepada tujuan yang telah disepakati.

Karena itu ada karakteristik dasar pemimpin yang harus diketahui secara bersama, maka dari itu pada kali ini kita akan coba membahas mengenai karakter pemimpin.

Besar harapan informasi ini dapat menjadi pengetahuan terlebih dapat diterapkan dalam kehidupan sebenarnya.

Apa saja karakter pemimpin yang baik dalam dunia bisnis?

A. Teguh pada pendirian

Bahasa sederhananya sih komitmen pada apa yang telah diputuskan. Mengapa harus demikian? karena kalo tidak seperti ini maka pasti akan terjadi kekacauan dalam proses bisnis di perusahaan yang anda pimpin.

Sederhana, dalam suatu rapat kesepakatan bersama telah menunjukkan suatu kesimpulan A. Namun, di hari berikutnya anda sebagai pemimpin mencoba merubahnya menjadi B karena ada intervensi dari satu pihak.

Tentu bawahan anda yang lain akan menganggap kualitas kemimpinan anda buruk karena tidak konsisten dengan apa yang telah disepakati sebelumnya. Padahal pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki pendirian teguh dan melangkah sesuai visi dan tujuannya serta tidak terpengaruh oleh orang sekitar.

B. Jujur

Ini merupakan karakter mendasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Melalui sifat terbuka yang anda miliki maka akan terbentuk hubungan yang erat antara dan rekan kerja anda.

Melalui hubungan yang erat ini pula, muncul kemungkinan anda memperoleh saran-saran dari rekan kerja anda terhadap proses kepemimpinan yang anda lakukan sehingga anda akan merasa terbantu untuk keluar dari situasi sulit yang hadapi selama memimpin.

C. Adil

Karakter pemimpin yang adil akan membuat seluruh karyawan yang dia pimpin akan merasa nyaman. Karena kecil kemungkinan adanya kecemburuan antara masing-masing karyawan.

Pemimpin ayng adil akan tau batasan kemampuan karyawannya dan menentukan pekerjaan apa yang pantas untuk mereka. Sehingga apabila karakter pemimpin seperti ini dimiliki oleh anda, maka anda akan menjadi pemimpin yang dihormati serta disegani oleh karyawan-karyawan yang anda pimpin.

D. Berpengetahuan luas

Seorang pemimpin yang memiliki pengetahuan luas dan open minded tentu akan menjadi pemimpin yang mampu mengajari karyawan-karyawan yang dia pimpin. Dan tentu dia juga harus terbuka akan pengetahuan-pengetahuan baru yang diberikan kepadanya baik melalui proses diskuis ataupun komentar.

Karena itulah orang cerdas, pikirannya terbuka terhadap sesuatu-sesuatu yang baru tidak berhenti dengan ilmu yang telah dimiliki sebelumnya.

E. Memiliki kontrol emosional yang baik

Berbisnis adalah proses berteman dengan ketidakpastian. Grafik keuntungan meningkat drastis di satu periode, namun periode berikutnya turun drastis adalah hal yang sangat mungkin dalam bisnis.

Apabila karakter pemimpin yang dapat mengendalikan emosi ini tidak dimiliki, mungkin pemimpin tersebut selayaknya bom waktu yang bisa meledak kapanpun.

Ini hanya akan menjadi kekhawatiran bagi para karyawan, seharusnya pemimpin mampu membangun rasa kepercayaan dengan tenang serta menghidupkan semangat para karyawan untuk melawati masa krisis bersama-sama.

F. Cara komunikasi yang bagus

Membangun komunikasi secara baik dengan seluruh karyawan yang anda pimpin dapat menjadi cara yang baik untuk membangun rasa kekeluargaan dalam suatu lingkungan bisnis.

Sehingga diharapkan dengan adanya rasa kekeluargaan tersebut, karawayan tidak segan untuk menanyakan sesuatu yang menurut mereka membingungkan kepada pimpinan. Akibatnya, potensi kesalahan pahaman dalam proses bisnis dalam diminimalisir.

G. Tanggungjawab

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bisnis berteman dekat dengan ketidakpastian. Karena itu setiap keputusan yang diambil oleh pemimpin harus diiringi dengan tanggungjawab yang kuat.

Karena segala kemungkinan bisa terjadi, dan pemimpin tidak boleh lari atau menyalahkan orang lain karena keputusan yang dia buat.

H. Menjadi inpirasi

Apakah kalian pernah melihat seorang siswa yang sangat terinspirasi oleh dosennya, baik karena prestasi kerja si dosen, ataupun karena kepribadiannya. Mahasiswa itu akan selalu antusias terhadap apapun yang disampaikan oleh pengajarnya tersebut.

Itu juga harus kita bangun dalam lingkungan bisnis, pemimpin harus mampu menjadi inspirasi bagi karyawannya. Dan disamping itu harus mampu memberikan motivasi kepada karyawannya untuk terus semangat dalam bekerja terlebih dalam kondisi krisis yang dialami perusahaan.

I. Percaya diri

Terdengar aneh apabila seorang pemimpin tidak memiliki karakter seperti ini, karena ini adalah aspek mendasar.

Pemimpin harus mampu mencerminkan kepercayaan diri dalam batas wajar kepada orang-orang yang dipimpinnya untuk mendapatkan rasa hormat dari karyawan anda serta disatu sisi menunjukkan sifat ketegasan yang jelas.

Contoh sederhana, apabila anda mengambil keputusan tetapi tidak percaya diri dengan hal ini maka mungkin hal itu juga yang dirasakan oleh karyawan anda. Tidak percaya diri untuk mengikuti anda..

J. Berempati

Ini juga merupakan salah satu karakter pemimpin yang harus dimiliki untuk membentuk rasa nyaman dalam lingkungan bisnis. Dengan empati maka rasa kekeluargaan akan terbentuk.

Pemimpin harus peka dan peduli terhadap apa yang terjadi dilingkungan yang dia pimpin. kepedulian ini pun harus dilandaskan pada keadilan agar tidak terjadi kecemburuan diantara karyawan.

Itulah beberapa pembahasan mengenai karakter pemimpin. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published.