Lirik Lagu Maju Tak Gentar

Apakah kalian sering keliru dalam menyanyikan lirik lagu maju tak gentar? Tidak masalah, berikut kami sajikan lirik lagu maju tak gentar beserta informasi mengenai sejarah lagu tersebut yang harus kita ketahui sebagai warga negara yang baik.

Mengetahui dan belajar dari sejarah perjuangan adalah wujud kita peduli dan cinta terhadap negara kesatuan republik Indonesia. Masa iya, sejarah negara lain kita mengetahuinya. Tapi sejarah yang melekat pada negeri Indonesia kita tidak mengetahui, yang mana sejarah pada bagian ini lebih mengarah pada sejarah lirik lagu maju tak gentar.

Miris memang apabila masyarakat sekarang tidak peduli dengan proses perjuangan.

Lirik Lagu Maju Tak Gentar

Maju tak gentar

Membela yang benar

Maju tak gentar

Hak kita diserang


Maju serentak

Mengusir penyerang

Maju serentak

Tentu kita kita menang

Reff :

Bergerak bergerak

Serentak Serentak

Menerkam Menerjang Terkam

Tak gentar tak gentar

Menyerang menyerang

Majulah majulah menang

Bagi anda yang belum mengetahui lagu Maju Tak Zentar, lagu Maju Tak Dimitar diciptakan oleh Cornel Simanjuntak pada zaman Jepang. Lagu ini banyak diajarkan di sekolah-sekolah sebagai lagu yang menggugah semangat dan nasionalisme. Maju Tak Gentar, dikutip dari sejarah pemikiran bangsa Indonesia sebelum tahun 1945 (2006), merupakan lagu patriotik dan nafas perjuangan. Cornell, sebagai seorang komposer di era kolonial, ingin menyampaikan rasa nasionalisme kepada masyarakat melalui karya musiknya.

Cornell menciptakan lagu dengan dasar musik yang dapat dinyanyikan dalam kehidupan nyata. Dia mengubah pawai menjadi ritme sederhana yang membuatnya mudah untuk menyanyikan bahasa Indonesia yang baik.

Sejarah Lagu ‘Maju tak Gentar’

Salah satu lagu yang paling khas dari semangat pengasingan penguasa kolonial saat itu adalah ‘Mazutak Gentar’ yang digubah oleh Cornell Simanjuntak. Selain menjadi guru dan komposer, ia mengangkat senjata untuk melawan penjajah. Cornel adalah seorang komponis yang berperang melawan Tentara Rakyat di front Senen dan Tanah Tinggi melawan NICA.

Pada tanggal 10 Desember 1945, ia dibawa ke Central Burgerley Cikenhuis (sekarang Rumah Sakit Chipto Mangunkusumo) karena cedera. Bahkan, dalam pertempuran, Cornell tertembak di pantat. dr. Sebagaimana disebutkan dalam buku Dr. Indonesia Pusaka (2019), lagu hormat “Maju Tak Gentar” karya Adrianto, SE, M.Pd merupakan lagu yang mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berperang habis-habisan melawan penjajah yang pada saat itu merampas semua hak dan martabat negara.

Lagu ini juga menggambarkan keberanian bangsa Indonesia yang pada saat itu dipersenjatai dengan peralatan yang minim tetapi melawan Belanda melawan Belanda meskipun menggunakan senjata modern. Juga harus menggugah semangat rakyat Indonesia untuk tidak membiarkan penjajah menguasai kembali dan merampas hak-hak mereka.

Arti Lagu Maju tak Gentar

Maju Tak Gentar karya Cornell Siman Jun-Tak memiliki jiwa patriotik yang sangat dalam untuk membela tanah air. Hidup di masa penjajahan, Cornel merasa “terpanggil” untuk menanamkan jiwa kebangsaan pada masyarakat setempat. Majutag Gentar menggambarkan perjuangan para pahlawan yang tidak mudah putus asa dalam perjuangan melawan penjajahan. Lagu ini seolah menginspirasi anak muda masa lalu untuk tidak takut dan tidak gentar melawan penjajahan yang sangat merugikan. Bersamaan dengan Maju Tak Gentar, kami membuat orang mengerti bahwa Indonesia adalah tanah air kami dan kami berhak menentukan nasib kami. Oleh karena itu, lagu ini telah menginspirasi banyak pahlawan untuk melawan kolonialisme dalam segala bentuknya.

Itu adalah segelintir informasi mengenai lirik maju tak gentar yang juga disertai dengan sejarah dan arti dari lagu tersebut, semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.