Jelaskan Bahwa Nilai Demokrasi Pancasila Lebih Unggul Jika Dibandingkan Dengan Demokrasi Lainnya

jelaskan bahwa nilai demokrasi pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya? Indonesia menganut demokrasi pancasila. Pancashila Demokrasi adalah pemerintahan yang berdasarkan Pancashila. Panchasil demokrasi itu diwujudkan oleh negara Indonesia. Hal ini karena demokrasi layak untuk dilaksanakan oleh bangsa Indonesia. Demokrasi panchasila memiliki nilai-nilai sosial budaya yang sudah ada di masyarakat. Demokrasi pancasila didasarkan pada prinsip musyawarah untuk memecahkan masalah.

Demokrasi Pancasila tidak mengakui kediktatoran segelintir orang dan kekuasaan mayoritas. Aturan mayoritas adalah kelompok besar yang mengabaikan kelompok kecil dan tunduk pada kehidupan. Sedangkan tirani segelintir orang adalah kelompok kecil yang mengabaikan kelompok yang lebih besar dan menjadi subordinat kehidupan. Panchasila Demokrasi selalu mendahulukan rakyat, negara dan kepentingan negara. Kelompok minoritas dan mayoritas yang memegang kedudukan yang sama dengan demokrasi pancasila.

Pancasila Keunggulan Demokrasi sebagai opini seperti penghindar tirani dengan kebijakan sosial seperti jaminan sosial sebagai tanggung jawab negara Pertanyaan Jelaskan bahwa nilai demokrasi pancasila lebih tinggi dari demokrasi lainnya

jelaskan bahwa nilai demokrasi pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya? Jawaban

Nilai Demokrasi Pancasila lebih tinggi karena Demokrasi Pancasila mendahulukan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Demokrasi lain mengutamakan kepentingan demokrasi mereka sendiri. Demokrasi dalam Pancasila juga mengutamakan diskusi.

Pahami juga klasifikasi Demokrasi

Demokrasi merupakan salah satu bentuk sistem kepemerintahan dimana setiap unsur negara dari rakyat hingga pemimpin memiliki hak guna mengambil keputusan secara bersama guna menentukan arah tujuan hidup berbangsa dan bernegara. Sistem demokrasi pun cukup banyak digunakan oleh negara – negara di dunia, seperti India, Amerika Serikat, Brazil, Pakistan, Nigeria, dan negara kita Indonesia.

Demokrasi dilasifikasikan menjadi 4 pengklasifikasian, diantaranya :

  1. Demokrasi berdasarkan cara penyampaian aspirasi.

2. Demokrasi berdasarkan prioritas atau berdasarkan titik perhatian.

3. Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi.

4. Demokrasi berdasarkan hubungan dan kewenangan antar alat negara.

Demokrasi ini pun walaupun sudah dibagi menjadi 4 pengklasifikasian, namun masih dibagi lagi menjadi sub bab pengklasifikasian, diantaranya :

1.Demokrasi berdasarkan cara penyampaian aspirasi, dibagi kedalam sub bab :

a. Demokrasi Langsung, dan

b. Demokrasi Tidak Langsung

2.Demokrasi berdasarkan prioritas atau berdasarkan titik perhatian, dibagi kedalam sub bab :
a. Demokrasi Campuran

b. Demokrasi Material, dan

c. Demokrasi Formal.

3.Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi, dibagi kedalam sub bab :

a.Demokrasi Liberal atau Demokrasi Konstitusional, dan

b.Demokrasi Rakyat atau Demokrasi Proletar

4.Demokrasi berdasarkan hubungan dan kewenangan antar alat negara, dibagi kedalam sub bab :

a.Demokrasi Sistem Parlementer, dan

b.Demokrasi Sistem Presidensial

Itu lah jawaban mengenai jelaskan bahwa nilai demokrasi pancasila lebih unggul jika dibandingkan dengan demokrasi lainnya? Indonesia menganut demokrasi pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published.