Istilah Istilah Dalam Asuransi

Mungkin banyak dari kalian yang pernah mendengar istilah dalam asuransi. Namun sebelum melangkah pada hal itu, apa sih itu asuransi? Menurut M. Nur Rianto (2012:212) asuransi merupakan sebuah mekanisme perlindungan terhadap pihak tertanggung apabila mengalami resiko di masa yang akan datang dimana pihak tertanggung akan membayar premi guna mendapatkan ganti rugi dari pihak penanggung.

Bagi anda yang memiliki peluang risiko yang besar atau memiliki kekhawatiran yang tinggi, mungkin produk asuransi adalah produk yang tepat untuk anda.

Namun, yang perlu kalian perhatikan jika kalian tertarik terhadap produk ini, adalah anda jangan lupa untuk mempelajari macam-macam istilah dalam asuransi lebih awal. Karena dalam produk ini banyak sekali istilah-istilah asuransi yang mungkin akan membingungkan orang awam.

Namun ini bukanlah masalah karena kita kan membahas beberapa istilah penting dalam asuransi berikut ini

Beberapa Istilah Dalam Asuransi

A. Polis Asuransi

Ini merupakan istilah pertama yang wajib kamu tau. Ini berupa kesepatakan atau perjanjian antara kedua belah pihak yaitu pemegang polis dan perusahaan asuransi.

Polis asuransi berisi terntang hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan atau dipenuhi oleh masing-masing pihak. Ini biasanay ditulis dalam bentuk kontrak tertulis bertanda tangan atas dasar persetujuan kedua belah pihak.

B. Premi Asuransi

Isitlah dalam asuransi berikutnya adalah premi asuransi. Premi asuransi ini adalah iuran wajib kepada perusahaan yang dilakukan setiap bulan dan sebagai gantinya, perusahaan berkewajiban mengambil alih risiko yang kamu hadapi.

Premi asuransi ini muncul setelah kamu menadatangani polis asuransi yang telah di jelaskan terlebih dahulu di point satu.

C. Uang Pertanggungan

Seperti dijelaskan pada istilah dalam asuransi yang pertama, yaitu polis asuransi yang merupakan kontrak antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis yang menyatakan bahwa masing-masing pihak memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi.

Maka, uang pertanggungan ini adalah kewajiban yang harus dipenuhi lebih perusahaan asuransi karena pemegang polis telah memenuhi kewajibannya membayar premi asuransi. Uang pertanggungan ini akan bayarkan oleh perusahaan kepada nasabah yang melakukan pengajuan klaim atas risiko yang dijamin oleh perusahan asuransi sesuai perjanjian.

D. Tertanggung

Istilah ini beruhubungan dengan istilah dalam asuransi yang sebelumnya, yaitu uang pertanggungan.

Tertanggung ini adalah nasabah dari sebuah perusahaan asuransi yang artinya orang yang namanya tertulis dalam polis asuransi. Dia lah yang akan menerima dari manfaat asuransi tersebut.

E. Resiko

Resiko yang kemungkinan terjadi di masa akan datang tentu menjadi alasan mendasar yang mengakibatkan seseorang membeli asuransi. Dalam dunia asuransi, resiko adalah segala kemungkinan buruk yang dapat menimpa nasabah dimana pun dan kapan pun.

Maka pilihlah produk asuransi yang bisa mencover hal yang anda khawatirkan akan terjadi. Sehingga, asuransi itu akan membantu anda apabila risiko tersebut memang terjadi.

Baca juga :

F. Cash Value

Cash value adalah istilah yang dipakai dalam dunia asuransi, tepatnya dalam asuransi jiwa. istilah dalam asuransi yang satu ini mengacu kepada jumlah uang yang ditawarkan kepada nasabah oleh perusahaan.

Cash value ini dapat ditarik oleh nasabah dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Asuransi unit link merupakan jenis asuransi yang dikaitkan dengan investasi dan memberi dua manfaat sekaligus dalam satu polis asuransi, yaitu berupa perlindungan dan investasi.

H. Rider

Rider (Perlindungan tambahan) adalah layanan atau manfaat tambahan yang dapat dibeli untuk melengkapi produk asuransi yang telah dimiliki.

I. Lapse

Lapse atau polis lapse adalah salah satu istilah dalam asuransi yang mengacu pada penghentian penganggungan asuransi karena nasabah tidak memenuhi kewajibannya yaitu pembayaran premi perbulan dan telah melampaui grace period.

Atau dalam kondisi nilai tunai yang tersisa tidak mencukupi membayar premi dan biaya lainnya.

J. Grace Period

Grace period adalah istilah dalam asuransi yang berarti masa tenggang yang artinya periode setelah berakhirnya masa jatuh tempo pembayaran premi asuransi. Dalam masa grace period ini pembayaran premi asuransi oleh nasabah tidak dikenakan denda.

Biasanya periode dari istilah dalam asuransi yang satu ini adalah sekitar 30 hari. Apabila nasabah tetap tidak melakukan kewajibannya, maka sanksi akan diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.