Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi manajemen terdiri dari banyak hal, dan telah banyak ahli yang mengungkapkan tetang hal ini. Lalu apa saja fungsi manajemen menurut para ahli?

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 7 fungsi manajemen, yang mana ini merupakan pendapat dari Luther Gullick. Walaupun demikian, saya juga akan memaparkan fungsi manajemen menurut pendapat ahli yang lainnya.

Sehingga kalian akan memiliki banyak referensi. Terlebih apabila kalian membutuhkan informasi ini untuk membangun suatu kasus ataupun membuat argumen dalam ajang debat. Tentu, semakin banyak referensi maka akan semakin baik argumen anda.

Fungsi Manajemen Keuangan Secara Umum

1.Perencanaan (Planning)

Ini dapat dikatakan sebagai fungsi ini dari manajemen. Mengapa demikian? karena disini lah proses menyusunan strategi dan perencanaan agar tujuan organisasi atau perusahaan dapat tercapai.

Apabila fungsi ini tidak berjalan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa fungsi lainnya akan mengalami kekacauan. Karena harus kita sadari bahwa fungsi manajemen ini saling terhubung dan melengkapi.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pernahkan kalian mengerjakan tugas kelompok dengan cara membagi tugas antara satu dengan yang lainnya dalam satu grup? apabila pernah, berarti anda pernah melakukan fungsi pengorganisasian.

Pembagian tugas sesuai keahlian dan bidang masing-masing dalam suatu perusahaan adalah prinsip dari fungsi ini. Sehingga kegitan yang semula besar dan berat dapat menjadi lebih ringan untuk dikerjakan.

3. Pengarahan (Directing)

Directing menjadi kegiatan yang diciptakan agar seluruh warga perusahaan bergerak bersama untuk meraih goal/tujuan perusahaan.

Dengan fokus kepada efektivitas dan efisiensi kinerja seluruh warga perusahaan maka diharapakn tujuan perusahaan dapat dicapai secara optimal.

4. Kontrol (Controlling)

Dalam sudut pandang “umum” pengendalian adalam fungsi dari manajemen yang terakhir. Ini berupa penilaian kinerja yang telah dilakukan sehingga menimbulkan kesimpulan.

Apabila dicapai kesimpulan bahwa kinerja belum maksimal, maka diharapkan adanya evaluasi sebagai wujud controlling. Namun dalam hal ini, perusahaan terlebih dahulu harus melakukan perencanaan karena kegiatan ini dapat menghabiskan banyak biaya apabila tidak direncanakan dengan baik.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen Menurut George Robert Terry

Membahas mengenai fungsi dari manajemen, serasa tidak lengkap apabila kita tidak membahas George Robert Terry yang merupakan pengarang buku “Principle of Manajemen”

Beliau memberikan kesimpulan bahwa fungsi dari manajemen mengenai bagaiman proses perencanaan (planning), pengendalian (controlling), dan pengorganisasian (actuating organizing).

Fungsi Manajemen Ricky W Griffin

Hal yang diungkapkan oleh Ricky tidak berbeda jauh dengan yang diungkapkan oleh George, karena dia mengungkapkan hal ini dalam beberapa aspek penting yaitu proses perencanaan, organisasi, koordinasi dan pengendalian sumber daya demi mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Fungsi Manajemen Menurut Lawrence A Appley

Fungsi dari manajemen menurut Lawrence sedikit berbeda dengan 2 pandangan di atas, dia beranggapan bahwa fungsi dari manajemen sebagai suatu keahlian untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang di sekitarnya sehingga suatu hal dapat dicapai atau terselesaikan.

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Henry memiliki pendapat yang sejalan dengan George dan Ricky. Dia mengungkapkan bahwa fungsi ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengkoordinasian. pengkoordinasian disini diartikan sebagai penyelesaian pekerjaan secara bersinergi sehingga tidak terjadi kekacauan.

Fungsi Manajemen Menurut Luther Gullick

Beberapa fungsi manajemen menurut Luther Gullick yaitu :

1.Planning(Perencanaan), berupa perencanaan aktivitas yang akan dilaksanakan demi tercapainya tujuan perusahaan.

2.Organizing(Pengorganisasian), berupa pembagian tugas dalam lingkup perusahaan sehingga tidak terjadinya kekacauan.

3.Staffing(Penempatan), menentukan hingga membimbing SDM agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

4. Directing(Pengarahan), berupa kejelasan kepada anggota yang terkait dengan proses pencapaian tujuan organisasi dengan mengacu pada standar yang ditetapkan.

5. Coordinating(Pengkoordinasian), inti dari fungsi ini adalah penyelarasan kerja dengan harapakan tidak adanya kekosongan jadwal serta kekacauan dalam pekerjaan.

6. Reporting(Pelaporan), berupa penyajian laporan kepada manager dengan tujuan agar informasi terkait dapat diketahui bersama dengan pihak yang bersangkutan.

7. Budgeting(Pembuatan Anggaran), berupa mengendalian perusahaan dalam aspek akuntansi dan fiskal sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Fungsi Manajemen Menurut Lyndal F. Urwick

6 fungsi manajemen menurut Lyndal berupa penempatan (Staffing), perencanaan (palanning), pengorganisasian (organizing), pengendalian (controlling), pengarahan (commanding), dan pengkoordinasian (coordinating).

Leave a Reply

Your email address will not be published.