Cara Mengatasi Laptop Panas Yang Benar

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi laptop panas, namun sebelum melangkah pada hal itu mari kita pahami dulu penyebab laptop itu mengalami panas berlebih (overheat).

Overheat pada laptop tentulah sangat berbahaya, karena itu dapat mengurangi umur ekonomis dari laptop yang kita pakai.

Padahal kan laptop sudah punya kipas pendingin di dalamnya, kenapa jadi bisa panas ya? ya, terkadang panas ini disebabkan karena sirkluasi udara di laptop yang kurang bagus atau dalam tanda kutip karena perawatan laptop yang kurang bagus.

Banyak dari kita yang hanya menggunakan secara terus menerus tanpa memperhatikan atau melakukan perawatan pada laptop kita. Padahal, pada perangkat elektronik, debu saja dapat menjadi masalah.

Ciri-ciri Laptop Anda Mengalami Overheat

Apabila laptop kita mengalami overheat, ciri-cirinya mudah dikenali. Berikut beberapa ciri-cirinya :

  1. Laptop menjadi lemot bahkan error
  2. Bunyi kebisingan pada kipas
  3. Laptop mati mendadak, kemudian menyala sendirinya seakan kita melakukan restart padahal tidak melakukannya.
  4. Layar LCD menjadi bergaris karena panas pada laptop yang terlalu tinggi
  5. Bagian baterai, processor, RAM, dan kipas akan terasa sangat panas bahkan mencapai lebih dari 60 drajat celcius

Itulah beberapa ciri-ciri yang yang terjadi apabila laptop anda mengalami overheat. Hal ini juga beraneka ragam penyebabnya. Maka kenali apakah panas di laptop anda termasuk overheat atau dalam batas normal.

Beberapa Penyebab Laptop Mengalami Overheat

Berikut beberapa penyebab laptop anda mengalami overheat :

1. Pemakaian dengan durasi yang terlalu lama

Sama hal nya dengan manusia, apabila beraktivas non stop dalam jangka waktu yang lama tentu akan mengalami sakit dan keluhan lainnya. Begitu pula dengan laptop anda, apabila anda memaksanya untuk bekerja secara terus-menurus apalagi dalam bentuk multi tasking maka overheat sangat mungkin terjadi.

Karena itu, apabila memang anda seorang pekerja yang menggunakan laptop dalam waktu lama, anda harus memahami cara mengatasi laptop panas disamping juga menjaga kesehatan anda.

2. Kipas mengalami gangguan

Masing-masing laptop telah memiliki kipas pendingin internal yang melekat pada tiap-tiap mother board mereka. Namun tidak jarang kipas tersebut mengalami gangguan, dan mengakibatkan panas berlebih pada processor.

Hal ini terkadang disebabkan karena debu yang masuk pada bagian kipas, sehingga putaran kipas menjadi tidak maksimal. Maka kenali juga cara membersihkan kipas laptop yang baik sebagai salah satu cara mengatasi laptop panas.

3. Thermal paste sudah kering

Hal ini tidak jarang kami temui, selama bekerja di jasa service komputer banyak laptop yang overheat karena hal ini.

Mengapa demikian? karena thermal paste ini berada di atas processor yang bertujuan untuk mengurangi panas dari processor selama bekerja. Apabila thermal paste ini sudah mengering maka tentulah dia tidak dapat menjalankan fungsinya mendinginkan otak komputer itu.

4. Laptop salah tempat

Maksudnya disini adalah Anda menggunakan laptop namun di tempat yang salah, semisal di atas bantal, kasuratau benda lainnya yang sebenarnya menghabat sirkulasi udara di laptop anda. Hal ini akan berujung pada overheat apabila tidak anda perhatikan dengan baik.

Emang enak sih semisal ngerjain tugas sambil rebahan di kasur, tapi ya itu guys..Laptop kita cepat panas tanpa kita sadari.

5. Sirkulasi udara yang kurang baik

Laptop juga memiliki ventilasi udara, umumnya terdapat di bagian bawah dan samping sebelah kiri. Apabila ini berdebu atau tidak sengaja tertutup dengan suatu benda maka hawa panas dari laptop anda tidak dapat dikeluarkan dengan baik. Alhasil, panas laptop anda pun meningkat.

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Panas

Setelah memahami ciri-ciri dan penyebab laptop cepat panas, kita coba melangkah pada inti pembahasan yaitu cara mengatasi laptop panas. Disini saya akan memberikan cara efektif sebagai cara mengatasi laptop panas, berikut penjelasannya

1. Matikan laptop beberapa saat

Cara terbaik pertama adalah mematikan laptop anda beberapa saat. Kenapa ini dikatakan cara terbaik dalam cara mengatasi laptop panas karena dengan mematikan laptop, semua fungsi hardware di laptop anda akan mati sejenak, sehingga suhunya kembali normal dengan lebih cepat.

Tidak ada formula resmi terkait berapa lama mematikan laptop disaat overheat, namun anda dapat memperkirakan nya dengan menyentuh bagian bawah laptop apakah panasnya masih tinggi atau telah kembali ke keadaan normal.

2. Mengurangi Kinerja Processor

Kegiatan multitasking yang anda lakukan di laptop dapat menyebabkan laptop anda cepat panas, karena ini menjadi beban bagi processor untuk melaksanakn banyak proses dalam satu waktu.

Bahkan mungkin bukan hanya komputer anda yang panas, namun juga kepala kita karena pekerjaan yang multi tasking. Karena itu, diharapkan untuk melakukan pekerjaan dengan dasar prioritas.

Kembali kepada beban processor yang tinggi, anda dapat melakukan hal berikut untuk menguranginya :

a. Menutup aplikasi yang tidak digunakan

b. Menurunkan kecerahan pada layar laptop anda

c. Melepas USB yang terhubung ke laptop anda, baik itu perangkat smartphone, dan lainnya. Sehingga tidak ada hardware yang terhubung ke laptop anda saat itu.

Ini dapat menjadi alternatif kedua dalam cara mengatasi laptop panas apabila cara pertama tadi tidak mungkin untuk dilakukan.

3. Memeriksa pengaturan daya laptop

Ini juga dapat menjadi cara untuk mengatasi laptop panas, berikut konfigurasinya pada Windows 10 :

a. Pilih Start > setting

b. Pilih Syistem

c. Klik Power & sleep > additional power setting

d. Klik balanced (recommended) > change plan settings > atur turn off display sesuai kebutuhan

e. Klik change advanced power settings > atur “turn off hardisk after”

f. Klik Ok dan save change, selesai.

4. Membersihkan Saluran Udara Laptop dan Pasatikan Tidak Ada yang Menutupi

Debu atau barang-barang lain yang menghalangi ventilasi udara laptop anda sebaiknya disingkirkan terlebih dahulu, karena seperti saya jelaskan pada bagian penyebab overheat di atas bahwa ventilasi yang tertutup dapat mengakibatkan hawa panas terkunci di dalam.

Karena itu membersihkan debu atau meggeser benda-benda yang mengganggu kinerja ventilasi juga harus diperhatikan.

5. Menambahkan Thermal Paste

Menambah thermal paste juga dapat menjadi cara mengatasi laptop panas, karena wujudnya seperti gel, maka sangatlah mungkin untuk menjadi kering.

Bagi laptop yang berumur 4 – 5 tahun, mungkin sudah seharusnya melakukan penambahan thermal paste agar laptonya tidak cepat panas.

6. Menggunakan Pendingin Laptop

Sekarang telah tersedia laptop cooling pad dengan berbagai desain. Bagi anak-anak gamers mungkin tidak asing lagi dengan benda seperti ini.

Hal ini juga dapat menjadi pilihan dalam cara mengatasi laptop panas.

7. Memastikan Laptop Bebas Virus

Hal ini juga penting dilakukan sebagai cara mengatasi laptop panas, karena virus dapat menyebabkan laptop bekerja lebih keras, hal ini dapat menguras kinerja CPU dan memori sehingga suhu laptop meningkat drastis.

Karena itu, berhati-hatilah dalam menginstall software untuk laptop anda.

8. Mengatur Suhu Ruangan

Cara terakhir yang kami sarankan saat ini dalam konteks cara mengatasi laptop panas adalah mengatur suhu ruangan tempat anda bekerja.

Suhu ruangan juga berpengaruh terhadap laptop, agar tidak cepat panas maka aturlah suhu yang sesuai. Lalu apakah sebaiknya suhu ruangan sangat dingin? tidak, karena ini akan menyebabkan kondensasi internal sehingga merusak komponen di dalamnya. Maka aturlah suhu 10-35 derajat celcius karena ini tergolong aman untuk perangkat elektronik anda.

Itulah beberapa pembahasan tentang cara mengatasi laptop panas, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.