Cara Mengatasi Laptop Overheat

Pasti banyak dari kita yang pernah mengalami laptop overheat, kemudian mematikannya. Karena cuma cara itu yang diketahui. Namun, ternyata banyak cara lainnya yang dapat dilakukan baik dalam. Lalu Bagaimana mengatasi laptop overheat? Yuk kita bahas tuntas berikut ini.

7 Cara Mengatasi Laptop Overheat

Zaman sekarang, banyak pekerjaan yang tidak terlepas dari laptop dan komputer. Hal ini wajar karena kita telah berada pada era digital. Dimana semua lini kehidupan telah terpengaruh oleh teknologi. Misalnya saja kegiatan ekonomi, sekarang telah dipengaruhi oleh teknologi yang akhirnya mengalami peralihan menjadi ekonomi digital.

Proses transaksi bisnis dilakukan melalui perangkat digital, salah satunya laptop. Sehingga tidak jarang laptop mengalami overheat karena dipaksa beroperasi dalam waktu yang lama. Yang akhirnya mengakibatkan laptop tersebut cepat rusak.

Overheat secara bahasa dapat diartikan sebagai panas berlebih. Dalam konteksi ini, laptop yang overheat berarti laptop yang mengalami panas berlebih karena satu dan lain hal. Banyak hal yang dapat menyebabkan laptop panas, kurangnya perawatan kipas juga dapat menjadi penyebab yang kuat terjadinya overheat.

Terkadang kita mengetasi laptop panas dengan mematikannya, tapi ini hanyalah sementara.. ketika laptop dinyalakan kembali ada 2 kemungkinan. Laptop kembali panas dalam waktu yang normal atau panas dalam waktu yang cepat.

Berikut 7 cara mengatasi laptop overheat yang tepat untuk dilakukan :

1. Menggunakan Kipas Eksternal

Cara mengatasi laptop overheat yang pertama adalah dengan menggunakan kipas eksternal, cara ini terbilang ampuh karena menambah kualitas pendingin di laptop kita.

Karena terkadang kita tidak menyadari bahwa kemampuan kipas laptop internal yang kita miliki performanya telah menurun karena debu yang tidak dibersihkan ataupun hal lainnya.

2. Membersihkan Kipas Internal Laptop Secara Rutin

Hal ini bagus sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi overheat pada laptop. Karena kipas pendingin berperan penting dalam menjaga suhu laptop anda.

Apabila kipas tersebut berdebu, maka tentu performanya akan menurun ditambah bunyi yang bising dari kipas akan mengganggu proses kita bekerja.

3. Jangan Memaksakan Laptop

Terkadang karena tuntutan pekerjaan, kita menggunakan laptop diluar batas kemampuan laptop itu sendiri. Karena itu, kenali lah batas kemampuan laptop anda apabila anda menginginkan agar tidak cepat rusak.

Hal ini berarti dalam artian menggunakan laptop seperlunya, karena tidak jauh beda dengan perangkat elektronik lainnya, laptop juga tidak mampu apabila digunakan secara terus menerus.

Laptop juga memerluka istirahat untuk menurunkan suhu yang telah dihasilkan selama proses bekerja.

4. Menambahkan Thermal Paste

Untuk laptop yang telah berumur, terkadang thermal pastenya telah mengering sehingga sangat tepat apabila menambahnya.

Thermal pasti ini juga sangat penting perannya dalam mengatasi overheat. Karena thermal paste bersentuhan langsung dengan processor yang mana bertujuan menjaga suhu processor agar tidak terlalu panas.

5. Memantau Suhu Processor Melalui Aplikasi

Sekarang suhu dari processor dapat kita pantau melalui aplikasi, misalnya Speedfan, real temp dan lainnya.

Dengan aplikasi ini, pengguna menjadi terbantu untuk memantau suhu processor serta mengatur kapan kipas internal akan berputar maksimal.

6. Gunakan Laptop di Ruangan Dengan Sirkulasi yang baik

Cara mengatasi laptop overheat berikutnya adalah gunakan laptop di ruangan yang bersikulasi udara. Selain juga baik untuk kesehatan, laptop kita juga akan minim risiko overheat.

7. Gunakan Laptop Water Cooling

Dewasa ini, di pasaran telah tersedia laptop dengan pendingin water cooling sistem. Untuk mengatasi laptop yang cepat panas, padahal tuntutan pekerjaan sangat tinggi.

Cara mengatasi laptop overheat dengan menggantinya dengan laptop berpendingin model water cooling adalah yang cukup tepat. Terlebih apabila anda memiliki budget yang mencukupi, tentu ini akan memudahkan pekerjaan anda.

Karena pendingin water cooling tentu lebih ampuh daripada laptop-laptop terdahulu yang menggunakan fan (kipas) sebagai pendingin.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop overheat. Jadi, cara mengatasi laptop overheat bukan hanya mematikan nya lo ya… Banyak cara lain, sesuai dengan penyebabnya masing-masing. Semoga ini bermanfaat untuk kita semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published.