Cara Menarik Investor Yang Tepat

Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan secara lengkap mengenai cara menarik investor, namun sebelum ini itu coba bahas dulu beberapa pengetahuan mendasarnya.

Investor adalah orang yang melakukan kegiatan investasi. Tapi apa itu investasi? sederhananya sih penanaman modal. Beberapa ahli memiliki pendapat menganai investasi sebagai berikut:

Pengertian Investasi Menurut Ahli

A. Haming & Basmalah

Investasi adalah kegiatan pengeluaran untuk mendapatkan aset, berupa tanah, rumah, dan lainnya yang berguna untuk menambah penghasilan di masa yang akan datang.

B. Heny Simamora

Investasi merupakan pemanfaat aktiva yang dimiliki perusahaan untuk memperoleh kekayaan yang lebih tinggi melalui distribusi hasil penanaman modal.

C. Sadono Sukirno

Investasi adalah pembelanjaan, pengeluaran atau penanaman modal kepada perusahaan untuk membeli perlengkapan produksi untuk meningkatkan kemampuan produksi barang dan jasa.

D. Martalena & Malinda

Investasi berupa penundaan konsumsi di masa sekarang agar memperoleh konsumsi di masa yang akan datang, yang di dalamnya diserta dengan ketidakpastian dan risiko yang memerlukan kompensasi.

E. Kamaruddin

Investasi adalah kegiatan membeli saham, obligasi dan surat lainya. Di samping itu dapat dimaknakan sebagai kegiatan memperoleh barang modal dengan memanfaatkan uang yang dimiliki agar memperoleh pendapatan di masa depan.

F. Mulyadi

Investasi merupakan keterhubungan sumber dalam suatu periode jangka panjang untuk memperoleh profit di masa yang akan datang.

G. Farid Harianto & Siswanto Sudomo

Investasi merupakan kegiatan penempatan dana pada suatu aset dalam jangka waktu tertentu dengan maksud memperoleh keuntungan.

H. Tandellin

Investasi berupa komitmen atas sejumlah dana yang di keluarkan pada masa itu dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Jadi, tujuan investor adalah untuk menambah nilai kebermanfaatan(utility) dari produk.

I. Jogiyanto

Investasi merupakan penundaan konsumsi saat ini untuk digunakan dalam produksi efisien dalam periode tertentu.

J. Lypsey (1997)

Investasi merupakan pengeluaran barang yang tidak di konsumsi saat ini dan akan di konsumsi berdasarkan periode waktunya. Yang mana Lypsey membagi investasi menjadi 3 jenis yaitu, jangka pendek, menengah, dan panjang.

K. Deliarnov (1995)

Menurutnya invesati merupakan pengeluaran secara menyeluruh yang terdiri dari pembelian bahan baku, mesin, peralatan, dan lainnya yang digunakan untuk proses produksi, bangunan kantor, tempat tinggal karyawan, konstruksi, serta perubahan nilai cadangan yang diakibatkan perubahan jumlah dan harga.

L. Kasmin dan Jakfar

Mereka berpendapat bahwa investasi adalah penanaman modal terhadap sebuah aktivitas dengan periode yang relatif panjang dalam berbagai bidang usaha, misalnya pembangunan gedung, penelitian, jalan, pabrik, dan sebagainya.

Itu adalah beberapa pengertian investasi menurutu para ahli. Jadi dapat kita tarik kesimpulan bawah investasi adalah kegiatan penanaman modal oleh investor dengan tujuan memperoleh keuntungan. Mengapa kami memaparkan hal ini, tentu untuk menambah wawasan kita semua sehingga kita mengetahui cara menarik investor yang tepat untuk dilakukan.

Jadi apabila usaha anda mengharapkan modal dari para investor, kalian harus mampu setidak menunjukkan gambaran mengenai apa yang akan kalian berikan kepada mereka karena proses investasi tersebut.

Cara Menarik Investor

Oke, karena kita telah memahami dengan baik pengertian investasi dan investor selanjutnya kita masuk kepada inti pembahasan, yaitu cara menarik investor. Langsung saja akan kami paparkan cara menarik investor secara lengkap berikut ini:

A. Prototype yang menarik

Cara menarik investor yang pertama adalah prototype yang menarik. Apa itu prototype?

Menurut Zuniarti, prototype produk adalah bentuk dasar dari sebuah produk dan merupakan tahapan yang penting dalam rencana pembuatan produk karena menyangkut keunggulan produk yang akan menentukan kemajuan usaha di masa mendatang.

Itu adalah paparan menurut ahli. Yang perlu kita garis bawahi adalah keunggulan yang mengakibatkan kemajuan di masa depan. Investor akan tertarik dengan hal ini, karena sejalan dengan keinginan mereka yaitu keuntungan di masa yang akan datang.

Apabila produk anda telah memiliki keunggulan tersebut, berbahagialah. Anda hanya perlu mengemas keunggulan tersebut sebaik mungkin yang dapat juga disertai dengan video atau gambar sehingga lebih mudah dipahami. Akibatnya, investor tidak kehilangan paham terhadap prototype yang anda tunjukan.

B. Hasil test produk

Test produk ini sangatlah penting dilakukan, karena ini menunjukkan bawah produk anda telah memiliki banyak konsumen. Secara tidak langsung, hasil test ini akan menunjukkan kualitas dari produk yang anda miliki dan ini nantinya akan menunjukkan prototype yang anda bawa.

Sebagai contoh lain, anda melakukan test produk kepada sekitar 1000 orang. Maka anda akan memperoleh kelebihan dan kekurangannya melalui hasil test itu. Di sisi bisnis internal, anda juga dapat menjadikannya bahan analisis untuk pengembangan produk anda.

Baca juga : Analaisis Fishbone

C. Pendukung bisnis dari prototype

Cara menarik investor yang berikutnya adalah pendukung bisnis. Pendukung bisnis ini berupa sarana yang dibutuhkan bisnis anda agar berjalan mulus. Contohnya website, facebook marketplace, dan toko online.

Anda harus bisa membuktikan bahwa usaha anda ini telah berjalan dan memiliki konsumen. Karena investor akan berpikir sangat banyak apabila harus menanam modal pada usaha yang baru berjalan dan belum jelas prospeknya.

Apabila usaha anda telah berjalan beberapa waktu, terlebih tahunan maka tunjukkanlah ha tersebut.

D. Daya tarik produk

Hal ini sangat penting, karena itu sebelum membentuk bisnis anda pertimbangkan apakah produk anda menarik atau bahkan mampu menyelesaikan masalah. Karena produk yang tidak memiliki keunikan atau tidak menjadi sebuah terobosan maka kemungkinan besar memiliki prospek yang buruk dan tidak akan bertahan.

Kita ambil contoh sederhana, produk mie instant. Produk ini terus bertahan karena dia membantuk permasalahan orang-orang yang menginginkan segala sesuatu secara cepat, termasuk makan. Sejauh ini produk tersebut dapat terus bertahan padahal sudah dibentuk mulai dari 1960 an, kita sudah dapat membayangkan berapa keuntungan yang mereka peroleh.

Tunjukkan daya tarik produk yang anda miliki kepada investor. Sebelumnya, anda dapat membuat iklan baik berbayar atau gratis untuk memaksimalkan hal ini.

E. Monetasi bisnis

Cara menarik investor berikutnya adalah monetasi bisnisn. Hal ini berkaitan dengan bagaimana cara yang diterapkan agar bisnis anda menghasilkan. Namun, apabila daya tarik dari produk anda sudah bagus sebenarnya monetasi mungkin untuk tidak dilakukan.

Tapi kembali lagi, karena kita dalam fase perjuangan untuk memperoleh modal tambahan yang sangat berperan dalam bisnis kita maka lakukan saja monetasi. Ini juga akan menambah keyakinan investor terhadap bisnis anda.

F. Pengembangan

Sudah 5 hal yang dipaparkan terkait cara menarik investor. Oke, apabila anda telah memiliki daya tarik produk, prototype yang baik, monetasi bisnis yang keren, pendukung bisnis serta hasil test yang baik maka anda harus mampu menunjukkan pengembangan yang akan anda lakukan terhadap bisnis anda. Baik dari pengembangan jumlah produk, keunikannya, maupun jangkauan usaha anda.

Argumen yang mengarahkan investor untuk berpikir “oh iya, ini pengembangan yang menjanjikan” sangat diperlukan disini. Maka buatlah argumen sebaik mungkin.

G. Pitching

Cara menarik investor yang terakhir dan yang paling penting adalah pitching. Mengapa pitching dikatakan penting? karena pitching adalah presentasi bisnis kepada investor. Walaupun anda telah menyiapkan semuanya dengan baik, tapi anda tidak mampu menyampaikannya secara tepat maka akan menimbulkan keraguan di hati para investor terkait penanaman modal untuk bisnis anda.

Berarti beda yang pitching dengan presentasi di depan meja kuliah? tentu berbeda. Apabila presentasi bisa, anda terkadang memiliki banyak waktu untuk menjelaskan sesuatu. Berbeda dengan pitching yang biasanya dibatasi dengan waktu yang cukup singkat.

Maka persiapkan lah persentasi bisnis anda dengan baik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menarik investor, semoga informasi mengenai cara menarik investor ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.