Belajar Tentang Lukisan Abstrak

Lukisan abstrak mengacu pada bentuk yang tidak realistis atau alami yang tidak mewakili objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari atau bentuk yang kita anggap sebagai penampakan objek.

Pemahaman Lukisan Abstrak

Abstraksi mengacu pada bentuk yang tidak realistis atau alami yang tidak mewakili bentuk yang kita rasakan sebagai objek atau penampilan dari objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari.

Lukisan abstrak adalah suatu bentuk imajinasi artistik yang mencari esensi bentuk suatu benda di suatu tempat dimana bentuk lukisan abstrak itu sendiri tidak kita kenal dan mengolahnya sehingga bentuknya menjadi unik. Menghadapinya

Di dunia nyataSalah satu ciri khas seni abstrak adalah kita tidak pernah mempersepsikan bentuknya dan bentuk abstrak itu tidak diasosiasikan dengan bentuk apapun yang pernah kita lihat, tetapi ketika diamati akan terlihat seperti sesuatu.

Warna dan bentuk lukisan abstrak dan bahan pelengkap lainnya membuat subjek lukisan abstrak menjadi lebih unik. Saat berkreasi, lukisan abstrak sangat sensitif terhadap warna dan menggunakan lebih banyak cat air.

Karakteristik Seni Abstrak

Salah satu ciri seni abstrak adalah bentuknya yang tidak pernah kita rasakan. Suatu bentuk abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apapun yang pernah kita lihat, tetapi ketika diamati akan terlihat seperti sesuatu.

Warna, bentuk, dan tambahan lain dari lukisan abstrak membuatnya lebih unik sebagai subjek lukisan abstrak. Dalam karyanya , lukisan abstrak sangat sensitif terhadap komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air.

Seni abstrak yang lebih cair umumnya diklasifikasikan menjadi seni abstrak, yaitu abstraksi figuratif, dan seni lukis, yang merupakan objek non-visual seperti emosi, suara, dan pengalaman spiritual.

Abstraksi figuratif adalah abstraksi atau penyederhanaan realitas di mana detail dari objek yang dapat dikenali telah dihilangkan, hanya menyisakan beberapa derajat esensi atau bentuk yang dapat dikenali.

Sejarah Abstrak

Secara historis, seni lukis abstrak erat kaitannya dengan gambar. Artefak prasejarah menunjukkan bahwa ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia mulai melukis di dinding gua untuk menggambarkan momen-momen penting dalam hidup mereka. Semua budaya di dunia mengenal seni lukis.

Karena abstraksi dan gambar sangat mudah dibuat. Menggambar atau melukis hanya bisa dilakukan dengan bahan sederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya.

Salah satu teknik melukis prasejarah yang terkenal digunakan oleh orang-orang primitif adalah dengan meletakkan tangan mereka di dinding gua dan kemudian menaburkannya dengan daun kunyah atau mineral berwarna. Pada awalnya perkembangan seni lukis (misalnya lukisan abstrak) erat kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia.

Sistem bahasa, kelangsungan hidup (bersih-bersih, berburu dan memerangkap, pertanian), dan kepercayaan (sebagai pelopor agama) adalah yang mempengaruhi perkembangan seni lukis. Pengaruh ini diwujudkan dalam jenis objek, citra, dan narasinya. Lukisan saat ini memiliki kegunaan khusus, misalnya sebagai media bercerita (visual painting). Waktu luang prasejarah penuh dengan lukisan dan gambar.

Cara gambar digunakan untuk berkomunikasi pada akhirnya merangsang pembentukan sistem karakter. Ini karena huruf sebenarnya berasal dari simbol grafis dan disederhanakan dan distandarisasi. Prasejarah Pada titik tertentu, ada orang-orang, seperti pelukis dan pelukis abstrak, yang menghabiskan lebih banyak waktu melukis daripada mencari makanan. Mereka mulai menguasai seni membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan perangkat tertentu akan terlihat lebih menarik dari biasanya jika ditempatkan dengan cara ini.

Mereka mulai menemukan beberapa keindahan dalam kegiatan mereka dan terus melakukannya sampai mereka menjadi lebih dan lebih berpengalaman. Mereka adalah seniman pertama di planet ini, dan sejak saat itu menggambar (di galeri seni atau galeri seni abstrak) dan melukis mulai berubah menjadi kegiatan artistik.

Aliran Seni Abstrak

a. Aliran Abstraksionisme

adalah aliran yang berusaha melepaskan diri dari arti kiasan atau asosiasi suatu objek. Aliran abstrak terbagi menjadi dua.

b. Kubisme Abstrak

Dengan kata lain, itu adalah abstraksi dari bentuk geometris murni seperti lingkaran, kubus, dan segitiga.

Abstrak Nonfiguratif

Abstrak karena harus murni sebagai ekspresi emosi, seperti garis yang mewakili garis dan warna yang mewakili warna. Bentuk alami telah benar-benar ditinggalkan.

Langkah-langkah pembuatan

Pemilihan kanvas

Anda dapat membeli kanvas siap pakai dengan ukuran berapa pun di toko kerajinan. Kanvas ini biasanya langsung siap pakai. Namun, tidak ada aturan yang mengharuskan Anda menggunakan kanvas “siap pakai” yang sudah dilapisi sebelumnya. Bahkan, seniman abstrak sering menggunakan kanvas “belum siap pakai” dan tidak saling tumpang tindih.

Untuk latar belakang warna-warni, belilah sebotol Gesso dan tutupi kanvas dengan beberapa warna. Lapisan ini cepat kering.

Pemilihan cat

Putuskan apakah Anda ingin menggunakan cat akrilik atau minyak. Cat akrilik tidak berbau dan mudah digunakan karena cepat kering dan dapat ditutup dengan cat jika salah. Namun, cat berbahan dasar minyak biasanya tidak digunakan karena memiliki bau, membutuhkan waktu lama untuk mengering, dan jika salah mengaplikasikan tidak dapat menutupinya.

Kumpulkan kuas dan alat lainnya

Pilih kuas untuk digunakan dengan cat pilihan Anda. Anda juga dapat mencapai tekstur dengan melukis dengan pisau palet. Sementara beberapa seniman suka menggunakan penyangga kayu, banyak seniman abstrak lebih suka meletakkan kanvas di lantai untuk mendekatkannya ke lukisan.

Jika Anda tidak yakin warna mana yang cocok, pertimbangkan untuk menggunakan bagan atau roda warna. Ini dapat membantu menunjukkan warna mana yang cocok satu sama lain

Tergantung pada seberapa kotor gambar yang akan dicat, lebih baik untuk menggantinya dengan T-shirt atau mantel lama sebelum melukis. Anda dapat lebih fokus pada lukisan atau seni abstrak tanpa khawatir cat pada pakaian Anda.

Anda mungkin ingin membentangkan beberapa lembar koran agar cat tidak menetes atau tumpah, terutama jika Anda berencana untuk mengecat sekaligus atau meletakkan kanvas di lantai.

Tips Menggambar Lukisan Abstrak

Mulailah dengan imajinasi Anda dan lepaskan semua imajinasi bermasalah.

Setelah mengetahui apa yang Anda pikirkan, mulailah menyiapkan bahan dan bahan untuk menggambar.

Mulailah di atas kanvas atau keras dan cat dengan cat dan pensil warna.

Namun pada umumnya seniman biasanya menggunakan dua jenis cat yaitu cat akrilik dan cat minyak.

Setelah semua bahan siap, mulailah menggambar sesuai imajinasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.