Aset Adalah : Definisi dan Jenis

Definisi Aset Adalah Sebagai Berikut:

Sebelum kita mulai mengumpulkan aset dan memahami apa saja jenis aset tersebut, alangkah lebih baiknya kita memahami terlebih dahulu makna dari aset itu sendiri. Sehingga tidak ada miskonsepsi yang bisa menyesatkan saat mengevaluasi aset nantinya.

Aset adalah istilah yang telah didefinisikan oleh berbagai mata pelajaran, khususnya pada bidang akuntansi. Dalam bidang akuntansi, memilki hubungan yang sangat erat denga aset karena setiap kegiatannya pasti berkaitan dengan harta.

Pertama, coba kita mengaju pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Disana dikatan bahwa aset adalah kekayaan yang berupa uang atau benda berwujud lainnya.

Sementara itu, Wikipedia menjelaskan bahwa aset adalah di antara saldo debet normal atau sumber daya ekonomi yang memberikan manfaat bisnis di masa depan.

Pendapat lainnya, Menurut Martani (2012:139) Aset adalah sebagai sumber daya yang dikuasai oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darimana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh.

Sedangkan menurut Hidayat (2011) ,Pengertian aktiva atau aset adalah benda, berwujud dan tidak berwujud, bergerak atau tidak bergerak. Semua ini termasuk aset yang disebut aset atau aset suatu instansi pemerintah, organisasi, unit usaha, atau individu.

Berikutnya menurut Siregar (2004), Pengertian Harta Kekayaan secara umum adalah barang-barang (things) atau segala sesuatu yang mempunyai kegunaan atau nilai ekonomis (economic value), nilai komersial (commercial value) atau nilai tukar (exchange value) yang dimiliki oleh suatu badan usaha. lembaga atau individu.

Jenis Aset Adalah

1. Berdasarkan Keberadaan Fisik

Aset tidak hanya memiliki satu jenis, tetapi masih diklasifikasikan terlebih dahulu dan kemudian diisi dengan jenis-jenis sesuai dengan kelompoknya. Klasifikasi pertama berupa jenis-jenis aset menurut keberadaan fisiknya.
Menurut keberadaan fisik, aset dibagi menjadi dua aset berwujud dan aset tidak berwujud. Harta berwujud meliputi semua benda yang dapat dirasakan dan dilihat dengan mata, termasuk rumah, tanah, peralatan kantor, uang, uang tunai, emas, surat berharga, mesin, barang dagangan, dan benda lain yang terlihat.
Aset tidak berwujud adalah kebalikan dari aset tetap, yaitu tidak terlihat. Jenis-jenis aset tidak berwujud antara lain izin, paten, merek dagang, goodwill, hak cipta, kekayaan intelektual, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Konvertibilitas

a. Aset Lancar

Aset lancar adalah aset yg tidak sulit buat diubah sebagai bentuk lain. Aset lancar ini mempunyai beberapa sebutan, diantaranya jua diklaim menjadi aset likuid & current assets. Contoh menurut aset lancar diantaranya deposito, surat berharga, saham, kas, piutang dagang, & barang dagangan.

b. Aset tidak lancar(Aset tetap)

Aset jangka panjang atau aset tidak lancar adalah aset yang sulit untuk diubah atau dikonversi ke bentuk lain. Contohnya hanya merek dagang, paten, tanah, peralatan, mesin, dan bangunan.

Sifat-Sifat Aset

Setelah membahas mengenai definis aset dan jenis-jenisnya, kita kemudian mencoba memahami bagaiman sifat yang dimiliki oleh aset secara general. Beberapa sifat utamanya antara lain sumber daya, nilai ekonomi serta kepemilikan.

Aset adalah sumber daya yang dapat digunakan di masa depan. Selanjutnya, aset juga jelas memiliki nilai ekonomis dalam arti dapat diperjualbelikan. Aset juga dapat mencerminkan kekayaan seseorang yang dapat dikonversi menjadi uang tunai atau bentuk kekayaan lainnya.

Kegunaan Aset

Harta tentu membawa keuntungan bagi pemiliknya melalui caranya masing-masing ada yang digunakan secara harian untuk memperoleh keuntungan tapi ada pula yang memerlukan waktu agar dapat menjadi sebuah kentungan. Karena itu, untuk lebih jelas dalam hal ini aset memiliki 2 penggunaan sebagai berikut :

1. Aset Operasi

Ini merupakan jenis harta yang diperuntukkan sebagai kebutuhan harian baik dalam konteks pribadi ataupun perusahaan. misalanya adalah peralatan bisnis, hak cipta, hak paten, mesin, barang dagangan, dll.

2. Aset Non Operasi

Ini merupakan kebalikan dari aset operasi. Harta atau aktiva ini bukan untuk keseharian, contohnya adalah tanah dan investasi.

Itubeberapa penjelasan mengenai aset, mulai dari definisi, jenis, sifat bahkan penggunaannya. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.