Tentang 5 Keajaiban Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat malam yang dilakukan umat muslim dan ini tergolong dalam sholat sunnah. Ini adalah sholat yang mengandung banyak manfaat, jadi sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim setidaknya mengetahui tentang keajaiban sholat tahajud.

Sholat ini sangat dianjurkan dalam agama islam, karena banyak mengandung manfaat baik dari segi kesehatan maupun dari segi peluang besar diijabahnya doa. Manfaat kesehatannya berupa terhindar dari penyakit jantung bahkan dapat meningkatkan angka harapan hidup.

“Dalam Alquran Allah SWT berfirman: “Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.

Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.”

(QS As-Sajdah: 16-17)

Sholat tahajud dilaksanakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat yang dilakukan di sepertiga malam. Catatan penting untuk pengerjaan sholat sunnah ini adalah dilakukan setelah anda tidur di malam hari.

”Sholat malam atau sholat tahajud itu 2 rakaat 2 rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu subuh, maka hendaklah lakukan sholat sunah witir 1 rakaat sebagai penutup yang menjadi sholat yang sudah dilakukan sebelumnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan sholat yang dilaksanakan malam hari. Hal ini sebagai pertanda Sholat Tahajjud sangat lah penting dan memiliki keutamaan-keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah diangkatnya ke tempat yang terpuji. Seperti yang disuratkan dalam surah Al-isra’ ayat 79 berikut ini

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

5 Keajaiban Sholat Tahajud

Itulah beberapa pembahasan singkat mengenai shalat tahajud. Kemudian, kita akan coba masuk ke inti pembahasan, yaitu keajaiban sholat tahajud. Berikut ini keistimewaan dan keajaiban Sholat Tahajjud.

  1. Menghapus Dosa

Salah satu keajaiban sholat tahajud yakni dihapuskannya dosanya. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat tahajud dapat menghapus dosa, ketenangan, dan menghindarkan diri dari penyakit.” (HR.Tirmidzi).

  1. Dikabulkan Doa

Keajaiban sholat tahajud yang kedua adalah terkait diijabahnya doa oleh yang maha kuasa. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta\’ala turun setiap malam ke dunia langit saat masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu beliau berfirman:

“Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, aku memaafkannya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, pasti aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR.Bukhori).

  1. Jembatan Masuk Surga

Keajaiban sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Mungkin setiap orang menginginkan untuk memasuki surga-Nya dan sangat takut pada neraka-Nya.

Rasulullah pun telah menyeru umatnya untuk taat kepada Allah dan menjauhi seluruh larangan-Nya karena ini merupakan cara mendapatkan surga di akhirat kelak.

Dan Allah SWT juga telah menunjukkan kepada kita jalan agar memperolah surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud.

Di ceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapaan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

  1. Amalan yang Mambantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Alquran terkait keajaiban sholat tahajud atau malam ini. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insyaAllah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah SWT ketika kelak sudah berada di akhirat.

  1. Menjaga Kesehatan Rohani
    Keajaiban sholat tahajud juga dapat menjaga kesehatan rohani dan membuat kita ingat selalu kepada Allah SWT. Allah akan memberikan pujian kepada siapa saja yang mau shalat tahajjud. Dia juga akan memasukkannya ke dalam kelompok hamba-Nya yang baik-baik.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S Ali Imran 3:113,

“Mereka itu tidak sama dengan ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah SWT. Pada beberapa waktu di malam hari sedang mereka bersujud.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.