Membahas Pengertian Illegal Trading

Illegal Trading

Bertanya tanya mengenai pengertian illegal trading , tentu pasti akan mengarah pada isider trading. Pada intinya, insider trading merupakan salah satu istilah yang digunakan di pasar modal Indonesia. Namun setelah itu, tidak masuk akal karena insider trading dianggap ilegal trading.

Perlu ditegaskan bahwa ada dua sisi dalam dunia pasar modal , baik positif maupun negatif. Sisi positif pasar modal dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menciptakan emiten dan kemudian menghimpun dana masyarakat untuk digunakan dalam berbagai jenis kegiatan usaha yang secara inheren lebih produktif.

Di sisi lain, pasar modal dapat memberikan peluang bagi pelaku kejahatan untuk mendapatkan keuntungan melalui cara-cara yang tidak sah. Cara ini tergolong praktik insider trading atau dikenal dengan istilah insider trading.

Memahami perdagangan orang dalam Oleh karena itu, insider trading dapat berupa perdagangan saham perusahaan yang telah melalui IPO, atau dalam bentuk surat berharga lainnya seperti saham atau opsi obligasi.

Surat-surat tersebut kemudian akan dijual oleh orang-orang yang memiliki akses ke layanan informasi non-publik tentang perusahaan tersebut. Itu juga dianggap ilegal di semua negara, bukan hanya di Indonesia.

Selain itu, praktik insider trading adalah salah satu yang tidak mempertimbangkan keadilan. Hal ini karena kurangnya informasi sensitif yang menjadi kunci dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi pemegang saham lainnya.

Namun, aktivitas tersebut tidak akan diklasifikasikan sebagai perdagangan orang dalam yang ilegal jika informasi tersebut diketahui telah didistribusikan ke publik dengan cara yang dapat diakses secara merata oleh semua pemegang saham.

Mengapa? Ini karena insider trading telah menjadi aktivitas yang tidak berlaku lagi di BEI. Hal ini karena perdagangan legal hanya dimungkinkan dengan memfasilitasi perdagangan yang adil di pasar sesuai dengan kebutuhan investor lain.

Berikut penjelasannya! Elemen Perdagangan Orang Dalam Tidak seperti kejahatan lainnya, insider trading sangat sulit dibuktikan. mengapa? karena yang menjadi objek dalam hal ini adalah informasi yang tidak bisa diketahui dengan kasat mata. Untuk mengetahui adanya tindakan insider trading, maka Anda bisa mempelajarinya dari kejelasan terkait unsurunsur yang ada di dalam insider trading.

Yang mana, hal tersebut bisa dijadikan sebagai tolak ukur terjadinya tindakan insider trading. Sebenarnya hal ini sudah dijelaskan dalam UndangUndang No. 8 Tahun 1995 pasal 95. Namun, pasal ini tidak menjelaskan lebih jelas tentang unsurunsur yang ada di dalam insider trading.

Namun, dari posisi ini sebenarnya kita dapat menyimpulkan beberapa faktor yang relevan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa insider trading membutuhkan tiga elemen dasar.

Pertama, ada orang dalam.

Kedua, orang dalam bersifat material dan bukan publik.

Ketiga, orang dalam memperdagangkan sekuritas berdasarkan informasi ini.

Di bawah , tiga elemen utama dijelaskan.

1. Ada orang dalam.

Elemen pertama dari perdagangan orang dalam adalah akuisisi orang dalam. Beberapa peserta yang dilarang melakukan insider trading antara lain: anggota komite, direktur atau karyawan perusahaan. pemegang saham terbesar perusahaan Seseorang dalam posisi atau profesi tertentu, seperti penasihat hukum atau akuntan, yang memiliki hubungan dekat dengan perusahaan publik dan dapat memperoleh informasi tentang perusahaan tersebut. Orang yang tidak atau belum menjadi salah satu pihak tersebut dalam 6 bulan terakhir.

2. Adanya Informasi dari Orang Dalam yang Sifatnya Material dan Rahasia

Informasi material adalah informasi fakta penting dan relevan tentang kejadian, peristiwa ataupun sesuatu yang mampu mempengaruhi harga bursa efek, keputusan dari pemilik saham, calon pemilik saham, atau berbagai pihak lain yang memiliki kepentingan atas informasi ataupun fakta tersebut, sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 1 nomor 7 UUPM

3. Terdapat Transaksi Perdagangan Efek dari Orang Dalam dengan Berdasarkan Informasi Tersebut

Unsur selanjutnya ini mensyaratkan bahwasanya terdapat kegiatan insider trading yang mampu dilihat dengan berdasarkan informasi yang belum disebarluaskan ke publik atau sifatnya menjadi rahasia. Hal tersebut bisa kita artikan bahwa kegiatan transaksi memang sudah jelas didorong ataupun motivasi karena terdapat informasi dari orang dalam terkait berbagai pengetahuan yang sifatnya material dan belum dimiliki oleh publik luas sama sekali.

Pencegahan Transaksi Orang Dalam

Walaupun tindakan kejahatan insider trading sangat sulit untuk dibuktikan, namun kebijakan untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan apa yang disebut dengan code of conduct. Mengatur secara jelas pemasukan informasi dengan berbagai cara yang sah dengan menyimpan dan menggunakan informasi sesuai dengan prinsip dan etika yang berlaku. Dalam hal ini, perusahaan penerbit harus melakukan yang terbaik untuk mengejar kegiatan operasi atau perdagangan yang berkelanjutan berdasarkan bisnis yang ada. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan kontribusi yang maksimal kepada setiap pemegang saham.

Memahami Pengertian Illegal Trading Melalui Contoh Kasus

Perdagangan orang dalam Untuk membuat praktik perdagangan orang dalam lebih mudah dipahami, kami memberikan contoh spesifik. Katakanlah Anda memiliki seorang investor bernama Andi, dan ia memiliki saudara, Budi, yang bekerja sebagai pendiri PT ABC.

Budi juga merupakan pendiri perseroan dan juga mendapat informasi bahwa perseroan akan membeli kembali saham treasury dengan harga Rp25.000, lebih tinggi dari harga saham sebelumnya Rp17.000 per saham.

Berdasarkan informasi tersebut, Andy memprediksi hal ini akan meningkatkan nilai saham PT ABC. Untuk itu, Andy segera membeli saham PT ABC dan menjualnya kembali saat harga saham PT ABC naik secara maksimal.

Tentu saja, Andi akan mendapat banyak keuntungan dari jual beli saham ini. Namun, jelas bahwa Budi dan Anda telah menyetujui informasi penting ini, dan Andi membagikan sebagian dari hasilnya dengan Budi sebagai rasa terima kasih atas kebaikannya dalam memberikan informasi tentang perusahaan kepada Budi.

Kesimpulan

Demikian informasi lengkap tentang insider trading. Ini adalah sesuatu yang harus Anda waspadai tetapi tidak boleh diikuti karena dapat merugikan banyak pihak di kemudian hari.

Di pasar saham, perdagangkan saham dengan baik untuk saling menguntungkan. Juga, bagi perusahaan yang cukup besar dan memiliki saham dan berbagai surat berharga lainnya, hal ini harus dipertimbangkan dengan matang. Untuk itu, sebaiknya setiap perusahaan memiliki kebijakan akuntansi berupa tindakan pencegahan terkait insider trading di dalam perusahaan.

Misalnya, memisahkan data atau informasi yang berwujud dan rahasia dan menetapkan tugas untuk menjaga akuntabilitas pengelolaan informasi rahasia. Untuk melakukan ini, Anda ingin menyimpan berbagai data atau informasi bahasa di tempat yang tepat dan di tempat yang tepat.

Faktanya, bahkan jika perusahaan Anda mengalami kesulitan keuangan, Anda harus memilih orang yang tepat dan Anda juga harus bisa memercayai diri sendiri. Tim keuangan juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyusun berbagai laporan keuangan secara akurat dan akurat. Tentunya akan sangat merepotkan untuk membuat dan menyimpan laporan keuangan secara manual. Jadi gunakan software akuntansi dan jalankan dengan pedoman yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.