Contoh Teks Eksplanatori Lengkap!!

Kalian tau gak teks eksplanatori? Ini merupakan jenis dari teks desktriptif, berikut akan kita bahas lengkap mengenai teks ini beserta contoh teks eksplanatori.

Definisi teks deskriptif

Pengertian teks eksplanasi diri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penjelasan atau penjelasan dengan kata-kata yang jelas dan rinci.

Oleh karena itu, karena naratif adalah teks yang secara jelas menjelaskan suasana suatu situasi atau objek, pembaca merasakan persis apa yang ditulis atau dinarasikan oleh penulis.

Maksud Teks Deskripsi/diskriptif

Menurut Felicia Utorodevo (2007), tujuan teks naratif adalah, dari sudut pandang penulis, untuk menggambarkan bentuk, sifat, rasa, atau gaya dari objek yang diamati, dengan mengandalkan panca indera dalam proses penguraiannya.

Deskripsi struktur teks Judul, deskripsi isi teks. Identifikasi/deskripsi umum, memberikan gambaran tentang objek. Bagian Deskripsi – Sebuah deskripsi rinci dan rinci dari deskripsi umum untuk memiliki dampak emosional pada pembaca. Kesimpulan/kesan, dan kesan penulis disertakan.

Jenis deskripsi teks teks deskriptif

Teks deskriptif eksplanatori adalah teks yang bertujuan untuk memberikan informasi pengenal atau informasi tentang suatu objek dan agar dapat dikenali oleh pembaca ketika menjumpai objek tersebut. Sebagai aturan, teks ini tidak disertai dengan komentar tambahan dari penulis. Teks deskriptif yang diharapkan

Contoh Teks Eksplanatori

1. Lambang Negara Indonesia merupakan Garuda Panchasila. Lambang Indonesia melambangkan burung Garuda yang kepalanya mengarah kanan dan dadanya ada perisai dengan bentuk hati yang tergantung dari rantai di leher Garuda. Kaki burung Garuda ini dikelilingi oleh pita dengan tulisan Bhineka Tunggal Ika.

2. Pantai Suwuk Pantai Suwuk merupakan tujuan wisata yang menakjubkan. Pantai ini terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Gerbang “Selamat Datang” bercat jingga selalu menyambut hangat kunjungan saya ke pantai ini. Pohon-pohon palem di sepanjang jalan mengikuti langkah kakiku melintasi pasir putih yang berkilauan. Langsung dihadirkan kreasi San Hyang Wenang sebagai seniman terhebat.

Perairan biru dan perahu nelayan membentuk satu komposisi, membentuk titik-titik kecil di cakrawala. Gelombang buih putih menjelma menjadi simbol kesucian alam.

West memiliki tebing-tebing besar di sepanjang garis pantai dan berfungsi sebagai transportasi bagi pengunjung yang ingin memancing. Yang menarik adalah pemandangan pegunungan kapur yang membentang dari utara ke selatan dan ujung gunung dari pantai ini.

Pengunjung yang ingin mendaki gunung dapat menyewa perahu yang disediakan. Di antara awan keemasan, ungu, dan merah cerah yang melambangkan siang hari, dua pemuda terlihat mengemudikan perahu ke pegunungan dan menunjuk ke matahari terbenam.

Pantai dipagari dengan kios-kios bambu yang menjual makanan ringan khas. Berkunjung ke Pantai Suwuk tidak ideal kecuali Anda menyempatkan diri untuk menikmati makanan khas di pantai ini. Pengunjung senang disuguhi makanan sambil mengagumi pemandangan alam yang menakjubkan.

Teks deskriptif sugestif

Ini adalah teks yang berusaha menciptakan ilusi suatu objek melalui imajinasi pembaca.

Himpunan kata yang dipilih pengarang untuk menggambarkan watak, sifat, dan watak suatu benda didasarkan pada kalimat tertentu bagi pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.