Berapa Kecepatan Mengetik Rata-Rata Manusia? Yuk Cari Tau

Tau kah anda bahwa kecepatan mengetik rata-rata dengan keyboard adalah suatu yang dilombakan? Ini adalah lomba yang menarik. Karena disini para pengetik berjari terampil dengan kecepatan mengetik rata-rata di atas orang pada umumnya.

Bahkan ada yang mencapai kecepatan mengetik rata-rata di atas 100 kata permenit. Dapat kita bayangkan berapa cepatnya jari-jemari orang tersebut dalam menekan tuts pada keyboard.

Keahlian semacam itu sebenarnya dapat diperoleh apabila kita menggunakan keyboard dengan benar, yaitu membagi tuts pada keyboard berdasarkan jari. Bagaimana caranya, yuk kita bahas berikut ini

Belajar Mengetik 10 Jari

Membahas mengenai kecepatan mengetik rata-rata tentu tidak akan lepas dari teknik mengetik dengan 10 jari. Teknik ini sangat lah penting, terlebih apabila anda adalah seorang pekerja atau mahasiswa yang aktif membuat laporan-laporan.

Kecepatan mengetik rata-rata yang kita miliki akan meningkat apabila kita mampu menerapkan teknik ini dengan baik. Berikut cara-caranya :

1. Memposisikan jari pada tuts yang tepat

Hal mendasar yang perlu dipelajari adalah mengenai posisi jari pada tuts keyboard. Karena teknik ini bukan hanya berfokus pada pergerakan aktif 10 jari yang kita miliki tapi juga pembagian atau pengelompokkan tuts untuk masing-masing jari jemari.

Sederhananya sebagai berikut

Tangan sebelah kiri :

a. Kelingking : A, Q, Z, 1, Shift, Tab, Capslock

b. Jari Manis : W, S, X, 2

c. Jari tengah : E, D, C, 3

d. Telunjuk : R, F, T, V, G, B, Y, 4, 5, 6

e. Jempol : Space dan Alt

Tangan sebelah kanan :

a. Telunjuk : Y, U, H, J, B, N, M, 6, 7

b. Jari tengah : I, K, 8, tanda koma

c. Jari manis : L, O, 9, tanda titik

d. Kelingking : P, tanda titik koma, tanda garis miring

e. Jempol : Space dan Alt

Sekali lagi saya ingatkan bahwa menerapkan teknik ini bukan hanya terfokus kepada aktifnya sepuluh jari anda menekan tuts laptop tetapi juga pengelompokkan pembagian tuts yang benar juga harus diperhatikan.

2. Menerapkan posisi duduk yang baik

Pertama posisi paha horizontal, sejajar dengan lantai dengan telapak kaki menapak dengan nyaman. Apabila posisi masih tidak nyaman, berarti tempat duduk anda terlalu rendah atau bisa juga terlalu tinggi.

Usahakan punggung tetap tegak, santai, dan tidak bungkuk dengan bantalan kursi menopang punggung bagian bawah. Merubah posisi duduk secara berkala pun penting, untuk menjaga kenyamanan anda.

Serta yang juga tidak kalah penting adalah kepala tidak terlalu condong ke depan atau bahkan membungkuk.

3. Praktik secara rutin

Teknik mengetik 10 jari ini juga sama seperti keahlian lainnya, seperti contohnya public speaking yang memerlukan proses belajar sehingga dapat dikatakan terampil. Walaupun anda telah hafal teori-teori di atas namun tidak mengulangnya atau latihan secara berkala maka tetap akan sulit meningkatkan kecepatan mengetik rata-rata yang telah anda miliki sebelumnya.

Berapa Kecepatan Mengetik Rata-rata Pada Umumnya?

Sebenarnya kecepatan mengetik rata-rata pada umumnya itu berkisar antara 30 hingga 50 kata per menit. Sedangkan pada kategori mengetik cepat umumnya berada pada kisaran 70 hingga 90 kata per menit.

Sekarang bayangkan apabila anda memiliki kemampuan mengetik cepat, anggap saja 90 kata per menit. Satu halaman word, umumnya mampu menampung setidaknya 500 kata. Berarti anda mampu menyelesaikan satu halaman tersebut dengan waktu hanya sekitar 5,5 menit (500/90).

Apabila anda seorang mahasiswa, cobalah untuk berlatih mengetik 10 jari untuk meningkatkan kecepatan mengetik rata-rata anda. Karena ini sangat bermanfaat untuk diri anda nantinya, khususnya dalam menghadapi skripsi, tugas akhir,maupun laporan-laporan lainnya.

Anda dapat berlatih dengan terus memperhatikan peningkatan kecepatan mengetik anda baik secara manual dengan menggunakan stopwatch maupun apalikasi.

Apabila menggunakan stopwatch mungkin ini agak ribet, karena terkadang kita memperlukan time keeper untuk memberikan tanda apabila waktu telah menunjukkan satu menit.

Alangkah lebih baiknya anda berlatih mengetik cepat dengan menggunakan aplikasi. misanya rapidtyping, ultrakey, typesy, free typing test, typing master, dan sebagainya. Cara ini tentu akan lebih memudahkan anda untuk berlatih.

Itulah pembahasan mengenai kecepatan mengetik rata-rata secara umum sekaligus bagaimana cara mengetik 10 jari yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.