Begini Cara Sambung Kabel LAN Yang Putus

Cara sambung kabel LAN? Emangnya kabel LAN boleh disambung?

ya, boleh lah.. tinggal beli benda RJ 45 coupler namanya. Tapi, kalau total kabelnya setelah disambung ternyata lebih dari 100 meter, maka setiap 100 meter harus dipasang penguat sinyal (extender).

Dan jika extender semacam ini sumber daya listriknya berasal dari PoE (power over ethernet), maka skema sambungannya menjadi:

kabel LAN 100 meter dari extender sebelumnya → PoE injector 1 meter sebelum extender → unit extender → kabel LAN menuju tempat nun jauh di sana.

Atau, dapat juga menggunakan modular jack.

Gunakan yang kualitasnya baik (*bermerk dan yang asli tentunya)

Hal ini berlaku untuk kabel akses/ke end user, namun jika yang di sambung adalah backbone, saran kami ganti dengan kabel yang lebih panjang, karena loadnya lebih banyak.

Kabel backbone sambungan menyebabkan masalah seperti packet lost/error, dhcp client tidak mendapatkan IP address dan sakit kepala. Pada akhirnya kabel backbone sambungan diganti dan masalah berlalu, tahu gitu dari dulu saja di ganti baru.

Lalu, bagaimana kabel UTP yang putus?

Kabel, merupakan galat satu media transmisi untk mengirim data dari 1 perangkat ke perangkat lain. Kabel UTP (Unshield Twisted Pair) merupakan galat satu jenis kabel yg dicoba untk mengirim data.

Dalam jaringan LAN, atau buku ambil model lokasi warnet, kabel itu sangat sering dicoba untk menghubungkan berbagai macam perangkat.

Biasanya kulit kabel itu berwarna abu-abu, berwarna biru dan ada rona lain mirip selera. Harga kabel itu bermacam-macam disesuaikan dengan ketahanan kabel.

Biasanya untk terhubung kabel LAN sangat disarankan menggunakan barel, untk yg belum tau barel itu apa. Barel adalah alat ini untuk menghubungkan atau menyambung kabel network UTP / Data / LAN RJ45, untuk memperpanjang kabel network / Data / LAN yang kurang panjang, dan untuk menyambung kabel network Data / LAN yang putus. Harganya cukup murah kok gan, sekitar 3-5k di shoope untuk saat ini.

Lantas bagaimana kalau enggak tersedia barel? atau mungkin kabel harus segera disambung saat itu juga sehingga tidak sempat membeli barel? Statis ada harapan! Kita akan menghubungkan kabel utp yg putus yang prinsipnya mirip mirip kabel listrik.

Di dalam kabel utp, terdapat tembaga-tembaga yg mengantar data, mirip mirip kabel listrik. Sobat tentu sudah paham sedikit gambarannya.

Cara menyambung kabel UTP:

  • Cara sambung kabel LAN yang pertama, siapkan kabel yg sudah memiliki port RJ45 lokasi ujungnya. Pastikan lebih terlebih dahulu kabel tersebut bisa dicoba dengan menghubungkan kabel tersebut ke dua perangkat atau bisa menggunakan kabel tester
  • Cara sambung kabel LAN yang kedua, Setelah sudah dipastikan kabel berfungsi, buku mulai pertunjukan utamanya. Pangkas ujung kabel, kira2 7 centimeter dari ujung kabel (terserah ujung yg mana)
  • Cara sambung kabel LAN tahap ketiga, setelah dipotong, ambil kabel yg akan disambung ke kabel yg lama
  • Kupas kulit paling luar dari kedua ujung kabel yg ingin disambung. Sehingga tampak kabel-kabel kecil yg berwarna-warni.Kemudian, pisahkan masing-masing warna, urut-urut sehingga tampak mirip gambar lokasi bawah.
  • Lokasi balik warna-warna indah kabel tersebut, terdapat tembaga dibalik itu semua. Nah, sobat harus bisa kupas kabel tersebut. Hati-hati jangan sampai putus. Sobat bisa gunakan kuku atau tang dengan hati.
  • Buat demikian halnya dengan ujung kabel yg lain.
  • Kemudian, sobat hubungkan tembaga antara kabel yg berwarna sama.
  • Setelah semua tembaga sudah dipasangkan, sobat lakban. TIPS: Supaya rapi, sobat bagi siap 2 kelompok akbar warna. Kanan dan kiri. 4 rona untk sebelah kanan dan 4 rona lain untk sebelah kiri. Lalu lakban dengan menyatu pada kabel, mirip gambar lokasi bawah itu
  • Cara sambung kabel LAN langkah terakhir. sekarang, kabel sobat sudah menjadi lebih panjang daripada yg sudah-sudah. Silahkan sobat cek apakah berfungsi atau enggak.

Itulah cara sambung kabel LAN, semoga bermanfaat dan work di kalian gan. Jangan lupa pantengin artikel artikel terbaru dari ruang studi, kami juga memberikan informasi dibidang bidang lainnya seperti bisnis, ekonomi, dan sebagainya. Terimkasih telah membaca artikel cara sambung kabel LAN, semoga anda merasa puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.