Tentang Teknik Analisis Data : Definisi dan Jenis-jenisnya

Memahami teknik analisis data

Sebelum kita mempelajari  teknik analisis data, mari kita dapatkan beberapa pendapat ahli tentang teknik analisis data seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

1. Qomari

Salah satu langkah terpenting dalam proses penelitian adalah fase analisis data. Tahap analisis data merupakan bagian yang tak terlupakan dari proses penelitian. Pada tahap ini, data harus dikumpulkan dengan menggunakan berbagai metode pengumpulan data, kemudian diolah dan disajikan untuk membantu memecahkan masalah penelitian yang diteliti (2009: 1).

2. Stainback

Analisis data sangat penting dalam proses penelitian kualitatif. Ini berarti menganalisis dan memahami hubungan dan konsep kekuasaan sehingga hipotesis dapat dikembangkan dan dievaluasi.

3. Spradley

Menganalisis data dalam penelitian adalah pola pikir. Dia melakukan tes sistematis untuk menentukan bagian, hubungan antar bagian, dan hubungan umum. Analisis menemukan pola.

4. Bogdan

Teknik analisis data mengorganisasikan data dalam wawancara, catatan lapangan dan dokumen ke dalam kategori, mengurainya menjadi unit-unit, mensintesis pola-pola penting yang perlu dipelajari, menyusun, dan menarik kesimpulan yang dapat dikomunikasikan kepada orang lain untuk mengorganisasikan data Proses penemuan. (Zakaria dkk., 2020: 52).

Menggabungkan pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa analisis data adalah proses  penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data, kemudian menganalisis, mengolah, mensistematisasikan, dan mensistematisasikannya serta menyajikan hasil umum. Karena metode analisis data ini berlaku untuk penelitian kuantitatif maupun kualitatif,  akan ada berbagai perbedaan yang perlu kita ketahui saat menganalisis data. Agar lebih mudah memahami cara menganalisis data, simak tujuan metode analisis data di bawah ini, ya!

 Metode dan tujuan analisis data

Metode analisis data memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai ketika digunakan dalam  penelitian. Analisis data merupakan langkah penting dalam penelitian ini. Metode analisis data ini berkaitan erat atau bergantung pada model penelitian dan masalah yang diidentifikasi. Dapat dikatakan bahwa teknik analisis data hanya dapat diterapkan ketika suatu titik penelitian tercapai, seperti mengumpulkan data yang relevan untuk suatu masalah  penelitian tertentu. Tujuan metode analisis data adalah untuk mengidentifikasi atau menarik kesimpulan umum dari data penelitian yang  dikumpulkan oleh  peneliti. Teknik analisis data juga bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan data penelitian dengan cara yang dapat dimengerti oleh orang lain. Metode analisis data ini tergantung pada jenisnya. Baca sampai akhir untuk lebih memahami!

Berbagai metode analisis data

Secara umum, metode analisis data  penelitian ini dibagi menjadi dua kategori utama: analisis kualitatif dan analisis data penelitian  kuantitatif. Penjelasan diberikan di bawah ini. 1. Metode

1. Analisis Data Kualitatif

Analisis data kualitatif adalah analisis data yang diperoleh dari data yang dikumpulkan selama kegiatan pengumpulan data, yaitu perekaman dan perekaman, tinjauan pustaka, wawancara, dan partisipasi. Teknik analisis data kualitatif adalah teknik analisis yang berfokus pada data kualitatif. Dalam metode analisis, analisis data kualitatif atau pembahasan konsep masalah tidak melibatkan data dalam bentuk numerik. Penelitian kualitatif menggunakan tiga metode analisis data: analisis isi, analisis wacana, dan analisis naratif. Penjelasannya adalah sebagai berikut. semua.

a. Analisis konten

Analisis isi berasal dari komunikasi eksplorasi dan berpotensi menjadi salah satu metode penelitian terpenting dalam ilmu-ilmu sosial. Analisis isi berusaha untuk menguji data dalam konteks tertentu yang berkaitan dengan atribut orang, kategori, atau kebiasaan (Krippendorf, 1989: 403). Dalam analisis konten, data biasanya dihasilkan atau diterima oleh pengamat yang merekam atau menyalin materi tekstual, yang mungkin dalam bentuk gambar atau suara yang sesuai untuk analisis (Hayes & Krippendorff, 2007). hujan.

b. Analisis wacana

 Dalam penelitian kualitatif, metode analisis wacana  bertujuan untuk menganalisis wacana atau komunikasi antara orang-orang dalam  konteks sosial tertentu. Bidang yang dianalisis dalam analisis wacana disajikan dalam bentuk ceramah, artikel, verbal, dan dialog (lisan dan nonverbal).

c. Analisis Narasi

Dalam penelitian kualitatif, teknik analisis data naratif berfokus pada  menelaah atau menelaah sekumpulan deskripsi  momen atau fenomena yang terjadi dan kemudian menyajikannya dalam bentuk narasi atau cerita. Model analisis naratif ini menitikberatkan pada kajian biografi.

2. Metode analisis data kuantitatif

 Teknik analisis data kuantitatif adalah teknik untuk mengolah atau memanipulasi data numerik atau statistik. Data yang digunakan dalam metode analisis data kuantitatif idealnya dapat dihitung dengan menghitung rumus statistik menggunakan data numerik atau data numerik. Data kuantitatif seperti polling, arsip data, rating dan lainnya. Ada dua metode analisis yang digunakan dalam penelitian kuantitatif: analisis deskriptif dan analisis logis. Penjelasannya adalah sebagai berikut. semua.

a. Statistik deskriptif

 Dalam penelitian kuantitatif, analisis deskriptif data adalah menganalisis data dengan cara yang membuktikan atau menggambarkan data yang ditemukan  apa adanya. Dalam penelitian kuantitatif, teknologi harus mendukung data berupa angka-angka dengan deskripsi yang jelas sesuai dengan data tersebut. Angka penelitian untuk analisis teknis kuantitatif adalah data perhitungan  atau jumlah pekerjaan.

b. Statistik deskriptif

 Salah satu tugas statistik inferensial adalah menyusun gambaran umum variabel yang diteliti berdasarkan data yang diperoleh untuk generalisasi populasi. Generalisasi  penelitian kuantitatif adalah suatu sistem penarikan kesimpulan tentang sekelompok orang yang lebih luas berdasarkan data yang diperoleh dari sekelompok orang yang lebih kecil (Winarsunu, 2006:11). Dalam statistik inferensial, tujuannya adalah untuk menentukan sejauh mana data survei mewakili atau mewakili populasi. Inferensi statistik tidak dapat dilakukan dengan  menerapkan metode dan teknik yang sama untuk data yang berbeda. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

 • Evaluasi data menggunakan analisis kelompok

 • Data ordinal, aplikasi non-parametrik

 • Data rentang dan rasio menggunakan parameterisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.