Mengenal Komunikasi Non Verbal

Peran komunikasi non verbal

 Pernahkah Anda mendengar tentang komunikasi non verbal? Jika jawabannya ya dan Anda tidak mengerti, mari kita diskusikan. Tidak jarang orang mengetahui sebuah kata, tetapi ketika ditanya apa artinya… banyak orang menjadi bingung. Sebelah kanan..??

Apakah Anda ingat karakter Agnes saya yang jahat? Seorang anak yang diadopsi oleh GRU. Meskipun dia membaca puisi dengan lancar, dia tidak bisa dikatakan menggunakan komunikasi non-verbal. Dan ketika dia melakukannya, dia terlihat sangat aneh.

mengapa? Tentu saja, itu karena dia bertindak acuh tak acuh. Dengan demikian, komunikasi nonverbal dapat dikatakan sebagai proses pertukaran informasi dengan menggunakan gerakan tubuh. ekspresi  tubuh? apa ini? Ekspresi tubuh bisa berupa ekspresi wajah, gerak tubuh, bahkan kontak mata yang kita lakukan.

Tentu saja, ini tidak berbeda  dengan komunikasi lisan. Hal ini karena komunikasi lisan berupa pertukaran informasi atau sekedar menyampaikan informasi secara tertulis, lisan atau gerak isyarat. Kita sudah tahu betapa pentingnya komunikasi non-verbal. Bayangkan berkomunikasi tanpa ekspresi wajah. Nah, ini akan sangat sulit dan orang mungkin tidak tertarik dengan apa yang Anda bicarakan.

Jika Anda seorang pencari kerja atau seseorang yang bekerja di lingkungan yang membutuhkan komunikasi aktif,  komunikasi non-verbal akan menjadi masalah besar.  Perlu kita ketahui bahwa komunikasi  bukan hanya komunikasi lisan, perintah tertulis, atau komunikasi nonverbal. Namun, ini adalah kombinasi dari semua ini yang disesuaikan dengan kebutuhan situasi.

Misalnya, Anda sedang berbicara dengan seseorang di luar ruangan yang dapat melihat melalui jendela dan tidak dapat mendengar Anda. Tentu saja, akan lebih baik jika Anda berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat atau tulisan dengan cara non-verbal. Ya, komunikasi ini tampaknya mudah, tetapi terkadang sulit. Jadi, apakah  komunikasi non-verbal ini saling melengkapi? Jawabannya ya, salah satunya. Secara khusus, peran komunikasi non-verbal adalah sebagai berikut.

1. tambahan

 Seperti yang telah dijelaskan di atas,  komunikasi yang baik merupakan perpaduan antara komunikasi verbal dan nonverbal. Ini karena lawan bicara lebih cenderung memahami apa yang kita katakan untuk menghindari kesalahpahaman.

2. Ganti

 Seperti yang dijelaskan di atas. Saat ingin mengobrol dengan orang  di luar ruangan. Dan jika Anda hanya melihat ke balik kaca dengan suara yang tidak terdengar, komunikasi non-verbal adalah pilihan Anda. Ini adalah peran alternatif untuk jenis komunikasi  ini.

3. Ulangi

 Pernahkah Anda berbicara dengan orang lain tentang arah kamar mandi? Anda menjelaskannya secara rinci, tetapi  karena ada kebingungan, Anda mengatakannya lagi. Nah, di sini kita bisa menunjukkan peran bahasa non-verbal. Kemudian arahkan tangan Anda ke kamar mandi. Ini adalah pengulangan  bahasa nonverbal.

 4. Ekspresi Pesan

 Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain dan  setuju dengan mereka, kita langsung mengacungkan jempol dan mereka cepat mengerti. Artinya, pesan “Saya setuju” diungkapkan oleh gerakan Anda. Jauh lebih cepat daripada berbicara, apalagi menulis.

5. Presentasi yang menarik.

 Berbicara di depan umum tentu akan menjadi hal yang tidak biasa jika Anda menggunakan komunikasi verbal bersamaan dengan komunikasi non-verbal. Orang-orang tertarik dengan  informasi apa pun yang Anda kirimkan. Tapi kembalilah, semuanya butuh latihan. Latihan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Jenis Komunikasi Nonverbal

 1. Ekspresi wajah.

 Ekspresi wajah memiliki dampak besar pada komunikasi. Ini karena wajah adalah hal pertama yang menarik perhatian sebelum komunikasi. Seperti halnya buku, sampul mendahului isinya. Oleh karena itu, pengaruh  ekspresi wajah  sangat besar, dan kadang-kadang disebut  komunikasi non-verbal yang paling umum.

2. Isyarat (gestures)

 Mengangguk, menunjuk, dan menggelengkan kepala adalah beberapa contoh gerakan tubuh. Berbeda dengan ekspresi wajah pada umumnya, komunikasi nonverbal ini  dipengaruhi oleh budaya masing-masing daerah. mengapa? Ini karena beberapa isyarat di satu negara atau wilayah mungkin memiliki arti yang berbeda di wilayah atau negara yang berbeda. Contoh sederhana: “Jari kelingking terangkat.” Di Amerika Serikat atau Indonesia bisa diartikan sebagai janji. Tetapi jika Anda melakukan ini di China, Anda akan diperlakukan seperti orang yang menyedihkan.

3. pose tubuh

 Itu dapat menyampaikan banyak informasi, terutama jika dikombinasikan dengan gerakan. Misalnya, berdiri tegak dengan  tangan di punggung. Orang-orang di sekitar Anda akan berpikir Anda kuat dan tegas.

4. Paralinguistik

 Nada bicara Anda, volume suara Anda, dan nada  yang Anda gunakan saat berbicara dengan orang lain. Ini dapat memberikan banyak informasi kepada lawan bicara Anda.

5. Kontak Mata

 Jika Anda melihat ke dalam mata Anda, Anda dapat melihat sekilas berbagai emosi  saat itu. Ini bisa dilihat dari cara dia memandang, berkedip atau memandang. Misalnya, ketika Anda bertemu seseorang yang Anda kagumi atau cintai, mata Anda berkedip lebih cepat dari sebelumnya dan pupil Anda cenderung membesar.

6. Penampilan

 Ini adalah bentuk pakaian, warna pakaian, dan bahkan gaya rambut. Semua ini bisa menjadi media komunikasi non-verbal yang memberikan banyak informasi kepada orang lain.

7. sentuhan

 Ini biasanya dilakukan dengan orang yang sudah akrab, dan beberapa sentuhan terkadang diartikan sebagai kasih sayang, simpati, dan keintiman.

8. Prosemi

Procemia berupa jarak  komunikasi. Biasanya, ruang komunikasi pribadi antara 0,5 dan 1,5 m dan biasanya disediakan untuk anggota keluarga, kekasih atau teman. Jarak yang cocok untuk komunikasi dengan rekan kerja dalam konteks aktivitas profesional adalah dari 1,5 hingga 4 m.

9. obyek

 Objek dapat memberikan banyak informasi kepada orang lain meskipun mereka tidak berkomunikasi. Misalnya, Anda melihat seseorang di kampus mengenakan jas dan kemeja yang rapi  dan memegang berbagai bahan pelajaran. Tanpa bertanya terlebih dahulu, kita dapat menyimpulkan bahwa dia adalah seorang instruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.