Facebook Marketplace : Definisi dan Cara Kerja

Definisi Pasar Facebook 

 Facebook Marketplace adalah tempat pengguna Facebook dapat menemukan, membeli, dan menjual produk. Ini adalah salah satu fitur dari Facebook dan juga marketplace lainnya seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Cukup daftar dan masuk, tidak ada biaya tambahan atau biaya tambahan yang diperlukan. Teman Anda dapat menggunakan semua fitur  yang ditawarkan Marketplace.

Baik? Juga dikenal sebagai Facebook MP, fitur baru  ini sekarang tersedia di aplikasi seluler atau di situs web Facebook.com.  Dikutip dari situs resmi Facebook, fitur marketplace ini awalnya ditujukan untuk membantu para pebisnis melakukan jual beli. Berikut beberapa contohnya. Bekerja dengan penawar Marketplace untuk menyoroti semua inventaris  ritel, rumah dan persewaan, serta tiket acara. Anda mempromosikan kios atau produk Anda di marketplace untuk menarik lebih banyak orang, dan bisnis teman Anda tidak langsung diposting  di marketplace.

Item baru atau pembaruan yang tersedia di kios Halaman Facebook di Marketplace gratis dan pelanggan dapat berdagang tanpa harus mengaktifkan Facebook (Hanya Pedagang yang Memenuhi Syarat). Semua penawaran di Marketplace harus mematuhi kebijakan perdagangan kami (yang menentukan apa yang boleh dijual di Facebook) dan standar sosial kami (seperti gambar dan deskripsi). Tips menggunakan produk di Facebook Marketplace

 Jika Anda memiliki teman yang ingin mengembangkan bisnis mereka di Facebook Marketplace, kami menyarankan Anda untuk mengingat tips ini.

 • Pesanan harus dikirim dalam waktu 3 hari dan diterima dalam waktu 7 hari. Untuk merek atau kerajinan tangan, penting untuk mengubah jumlah yang dimiliki teman Anda.

• Tidak semua platform perdagangan sinkron dengan Facebook Marketplace. Hanya ada beberapa platform perdagangan yang bekerja  dengan Facebook Marketplace, seperti BigCommerce atau ChannelAdvisor.

• Akan banyak pesan atau pesan dari pembeli.

• Facebook Marketplace masih merupakan konsep baru bagi sebagian konsumen. Amati konsumen dengan sabar dan jawab pertanyaan secara profesional dan tepat waktu.

Tips Menjual di Facebook Marketplace

 • Seperti halnya situs penjualan lainnya, Friend’s Marketplace memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan dari calon pembeli atau  dari orang yang tertarik untuk membeli produk Friend.

• Teman harus segera memutuskan bagaimana dan bagaimana berkomunikasi dengan  pelanggan. Anda dapat menjawab pertanyaan sebelum dan sesudah pembelian.

• Menghubungi layanan pelanggan adalah cara yang ampuh untuk menciptakan citra kios Teman yang baik. Sayangnya, fitur ini  jarang digunakan di pasar mana pun. Jadi gunakan fitur ini dengan bijak.

Pendapatan Penjualan di Facebook Marketplace

 Facebook Marketplace menyediakan sistem sederhana bagi pengguna untuk menemukan produk yang mereka cari. Pendapatan dari penjualan di Facebook Marketplace adalah sebagai berikut:

a. jangkauan yang lebih luas.  Mengingat Facebook adalah salah satu jejaring sosial  paling populer di dunia, setiap pengguna dapat diklasifikasikan sebagai  pembeli  potensial. Jangkauannya meluas ke setiap sudut dunia.

b. Pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.  Facebook Marketplace membantu bisnis Anda menemukan pelanggan yang sempurna dengan menyoroti produk yang relevan bagi konsumen. Dengan kata lain, itu lebih cenderung mengarah pada pembelian potensial.

Beriklan di Facebook Marketplace

 1. Buat iklan Facebook di Ad Manager agar teman Anda dapat  menjangkau lebih banyak orang dengan memasang iklan di marketplace.

2. Buka Ad Manager dan pilih Brand Awareness, Reach, Traffic, Video Views, Lead Generation, Instant Response, Posting, Konversi, Penjualan Katalog, atau Traffic Kios sebagai target iklan Anda. Kemudian klik “Lanjutkan”.

3. Pilih tujuan Anda.

4. Pilih audiens Anda dan tentukan penargetan Anda.

5. Pilih penempatan yang dipilih otomatis atau Ubah penempatan.

6. Memberikan rekomendasi untuk penempatan otomatis. Jika teman Anda memilih untuk mengubah penempatan, Marketplace tidak dapat digunakan sebagai penempatan iklan tunggal dan kampanye iklan Anda harus menyertakan penempatan rilis rumah.

7. Tetapkan anggaran dan jadwal. Setelah selesai, klik Berikutnya.

8. Pilih format pemberitahuan. Karakteristik gambar dan gambar yang disediakan sama dengan “Home”. Anda tidak boleh memotong atau mengunduh materi iklan Anda sendiri untuk iklan  Marketplace.

9. Setelah Anda selesai mengatur iklan Anda, klik Selesai.

Langkah-langkah untuk Meningkatkan Penjualan Facebook Marketplace Anda

a. melakukan penelitian

Sebelum Anda mulai berjualan di Facebook Marketplace, lakukan sedikit riset terlebih dahulu untuk melihat produk mana yang paling laris di kategori produk yang serupa dengan milik Anda. Lihat juga halaman toko yang menjual produk ini. Sebelum Anda mulai, teliti pasar Facebook untuk mendapatkan penjelasan tentang ekosistem jual beli, standar harga, dan apa yang Anda lakukan untuk melibatkan pembeli potensial.

b. Penggunaan Iklan Facebook

 Perluas jangkauan penjualan Anda dengan Iklan Facebook. Identifikasi audiens target yang ingin Anda tarik dan mulailah beriklan. Selain menarik pelanggan baru, iklan Facebook  dapat  mempertahankan pelanggan dan membantu pelanggan lama membeli produk Anda lagi.

c. Optimalkan penjualan dengan kata kunci yang relevan

 Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang tepat untuk memastikan produk yang Anda unggah menempati urutan pertama dalam hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh calon pembeli.Optimalkan penjualan dengan memasukkan kata kunci utama dalam judul Anda dan kata kunci yang relevan dalam deskripsi produk Anda. Misalnya, Anda dapat memasukkan nama produk, pola, warna, jenis atau bahan, status, dll. Anda juga dapat melakukan riset kata kunci  untuk mengetahui kata kunci mana yang secara khusus dicari dan cocok untuk produk Anda.

d. Pilih klasifikasi yang tepat

 Jangan jatuh ke dalam terlalu banyak kelompok untuk satu produk. Misalnya, jika Anda menjual pakaian, jangan cantumkan barang elektronik di daftar ini. Hal ini dapat mengakibatkan postingan dianggap sebagai spam dan  dilaporkan atau diblokir di Facebook. Pilih grup yang benar-benar cocok dengan produk yang Anda jual. Memasukkan kategori secara sembarangan  akan mempersulit pengguna, serta mempersulit audiens target ideal Anda untuk menemukan postingan Anda.

f. Gunakan foto berkualitas tinggi

Baik itu pasar Facebook atau pasar lainnya, fotografi adalah faktor yang sangat penting yang dapat memengaruhi persepsi pembeli. 93% pelanggan mengatakan penampilan merupakan faktor penentu dalam keputusan pembelian mereka. Jadi tolong jangan unggah foto berkualitas rendah, buram, buram, atau buram. Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik untuk mendapatkan gambar yang bagus. Pencahayaan hal-hal seperti itu alami. Latar belakang yang bersih, seperti  hitam atau putih, juga dapat membantu calon pembeli melihat produk Anda. Gunakan tripod untuk menghindari gambar buram.  Edit seperlunya, tetapi pastikan perubahan Anda tidak menyoroti produk secara berbeda. Jika produk cacat harus ditandai pada foto agar pembeli tidak merasa tertipu. Jangan gunakan foto yang diunduh dari dunia maya, karena dapat merusak kepercayaan calon pembeli.

g. Jaga reputasi baik

Layanan pelanggan juga merupakan faktor yang dievaluasi  Facebook. Facebook menawarkan penjual dua lencana yang dapat mereka gunakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan mereka. Lencana pertama diberikan kepada penjual yang merespons pembeli potensial dengan cepat. Lencana kedua diberikan kepada penjual dengan peringkat tinggi di Facebook Marketplace. lakukan yang kedua

Leave a Reply

Your email address will not be published.